Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harlah NU ke-90, 
Menteri Marwan: Gerakkan Cinta NKRI ke Desa-Desa

Keutuhan negara kesatua republik Indonesia dengan idiologi pancasila sebagai landasan adalah harga mati. Karena itu, Nahdlatul Ulama sebagai ormas terbesar di Indonesia secara konsisten berjuang untuk menanamkan ideoligi ini ke desa-desa agar dihayati dan diamalkan.
Marwan Jafar/Antara-Andika Wahyu
Marwan Jafar/Antara-Andika Wahyu

Kabar24.com, JAKARTA - Keutuhan negara kesatua republik Indonesia dengan idiologi pancasila sebagai landasan adalah harga mati. Karena itu, Nahdlatul Ulama sebagai ormas terbesar di Indonesia secara konsisten berjuang untuk menanamkan ideoligi ini ke desa-desa agar dihayati dan diamalkan.

Kerja menanamkan pancasila dan merekatkan NKRI ini pun dijalankan bersama-sama dengan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar.

Sebagai nahdliyin, Menteri Marwan memahami bahwa pemahaman tentang Islam Nusantara sangat efektif dalam menanamkan pemahaman Pancasila bagi masyarakat di desa,desa.

"Inilah sebabnya, kita harus menggaungkan cinta NKRI baik secara fisik maupun idiologi ke desa-desa. Jangan sampai globalisasi membuat kecintaan pada Tanah Air tergerus," ujar Menteri Marwan saat menghadiri Harlah ke-90 tahun NU di Jakarta, Sabtu (30/1/2016) malam.

Menteri Marwan menambahkan nahdliyin yang mayoritas berada di kampung-kampung harus kembali merefleksikan makna Pancasila dan NKRI yang harus terus dihidupkan. Apalagi NU juga memiliki Pagarnusa yang mampu bergerak tangkas mengawal pancasila dan menangkal radikalisme.

"Pagarnusa sebagai pendekar NU harus segera dimunculkan di seluruh Provinsi Indonesia hingga ke desa-desa," katanya seperti dikutip dalam siaran persnya.

Tokoh asal Pati Jateng ini yakini bahwa Pagarnusa mampu menggaungkan gerakan cinta NKRI baik secara fisik maupun ideologis. "Saran saya, gerakan ideologis cinta NKRI dimulai dari desa-desa. Saya sangat yakin ini bisa," jelasnya.

Menteri Marwan mengingatkan bahwa saat ini bangsa Indoneaia tengah menghadai tantangan serius, ditandai dengan munculnya berbagai ideologi yang melenceng dari semangat NKRI dan pancasila.

"Gerakan ideologi  diluar pancasila tsb muncul dari kesalahan persepsi memaknai," tuntas Menteri Marwan. ()

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper