Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Saifah dan Tanah Jadi Tokoh di Aplikasi Games Kesiapsiagaan Bencana

Palang Merah Indonesia baru saja meluncurkan dua aplikasi games untuk kesiapsiagaan bencana, yakni games Saifah dan games Tanah. Kedua aplikasi games ini mengajarkan tentang kesiapsiagaan dalam mengahadapi bencana banjir, gempa bumi, dan tsunami.
Smartphone Wiko. /bisnis.com
Smartphone Wiko. /bisnis.com
Bisnis.com, JAKARTA - Palang Merah Indonesia baru saja meluncurkan dua aplikasi games untuk kesiapsiagaan bencana, yakni games Saifah dan games Tanah. Kedua aplikasi games ini mengajarkan tentang kesiapsiagaan dalam mengahadapi bencana banjir, gempa bumi, dan tsunami.
 
Games Saifah adalah Sang Penakluk Banjir. Pada games ini mengajak penggunanya berpetualang sekaligus memberikan pembelajaran yang sangat menarik dalam menghadapi banjir, mulai dari mengurangi resiko banjir, menghindari sengatan listrik, hingga ancaman binatang liar.
 
Pengetahuan ini sekaligus meningkatkan kemampuan penggunanya untuk menyelamatkan diri dan orang lain ketika dilanda banjir. Aplikasi games ini telah tersedia di 140 negara dalam bahasa Inggris, Indonesia, Prancis, dan Tagalog.
 
Selain itu, aplikasi games Tanah memberikan tantangan bagi penggunanya untuk menyelesaikan misi yang harus dilakukan agar siaga menghadapi bencana gempa bumi dan tsunami. Games ini didesain sedemikian rupa agar pengguna dapat mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh mulai dari rumah atau keluarganya. Gempa atau Tsunami merupakan bencana yang bersifat mendadak, sehingga kesiapsagaan sangat diperlukan.
 
Games Saifah dan Tanah dapat diunduh di Google Store dan App Store dengan keyword Sai Fah (ID) dan Tanah (ID). Aplikasi games ini merupakan kerja sama Palang Merah Indonesia (PMI), Palang Merah Amerika, UNESCO, Global Disaster Preparedness Center (GDPC).
 
National Programme Officer Disaster Risk Reduction and Tsunami Information Unit UNESCO, Ardito M Kodijat, mengatakan games Saifah dibuat pertama kali saat banjir di Thailand pada 2011. Sedangkan pada games Tanah dibuat saat tsunami di Aceh pada 2004. "Pemilihan nama dan tokoh ini yang menjadi tantangan tersendiri. Kami memilih yang dapat diterima semua negara," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper