Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terorisme: Selama 2015, Polri Tangkap 74 Orang. 65 Tersangka, Sisanya Dipulangkan

Selama 2015 Polri telah menangkap sedikitnya 74 orang terkait dugaan terorisme di seluruh Indonesia.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI

Kabar24.com, JAKARTA -- Selama 2015 Polri telah menangkap sedikitnya 74 orang terkait dugaan terorisme di seluruh Indonesia.

Pernyataan tersebut tertulis dalam buku laporan Refleksi Akhir Tahun Kinerja Polri 2015.

Dari jumlah tersebut 65 orang dinyatakan tersangka tindak pidana terorisme sedangkan sembilan lainnya dipulangkan lantaran tidak tidak memiliki cukup bukti.

Jumlah tersebut termasuk penindakan terorisme pada 18-23 Desember lalu saat Tim Densus 88 Antiteror menangkap 10 orang kelompok jaringan terorisme di wilayah Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

Para pelaku itu diduga telah merencanakan aksi teror dengan target sasaran beberapa orang petinggi Polri, kantor kepolisian, tempat ibadah kelompok Syiah serta orang asing dan tempat berkumpul orang asing.

Di samping itu, sepanjang kurun 2004 hingga 2015, anggota Polri yang menjadi korban dalam operasi penindakan terorisme sebanyak 102 orang dengan rincian 35 meninggal dunia dan 67 luka-luka.

Kemarin, Kapolri Jenderal Pol. Badrodin Haiti mengatakan sebanyak 408 Warga Negara Indonesia terindikasi bergabung dengan kelompok radikal Negara Islam Iraq dan Suriah (ISIS) selama 2015.

"Oleh karena itu, propaganda-propaganda di internet, di saluran-saluran media yang dilakukan itu bisa berbahaya. Setiap orang bisa saja terpengaruh oleh faktor-faktor itu," kata Badrodin dalam acara Refleksi Akhir Tahun Kinerja Polri di aula Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Selasa (29/12/2015).

Badrodin menyatakan mayoritas ratusan WNI itu bergabung ke Suriah terkait dengan ideologi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dika Irawan
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper