Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ilustrasi
Ilustrasi

Kabar24.com, JAKARTA - Sekretaris Kabinet Pramono Anung meminta Kemenko Polhukam, Kepolisian RI bidang Cyber Crime dan Lembaga Sandi Negara menyelidiki aksi peretasan terhadap website www.setkab.go.id.

Pada Kamis (24/12/2015) sekitar pukul 14.00 WIB, situs Sekretariat Kabinet yang beralamat di www.setkab.go.id diretas dengan menggunakan gambar tengkorak dan terdengar musik disko.

Pramono dalam keterangannya mengatakan untuk mengatasi peretasan ini, telah dilakukan beberapa langkah yakni pertama menghilangkan gambar hasil peretasan sehingga tampilan setkab.go.id dapat kembali seperti semula.

"Hasil analisis internal kami, peretasan diduga kuat dilakukan melalui Plugin CMS [Content Management System]. Salah satu teknik yang digunakan adalah dengan melakukan eksploitasi terhadap plugin CMS tersebut," ujar Pramono dalam siaran pers.

Langkah kedua, mengamankan data yang tersimpan dalam situs, terutama mengamankan halaman admin pengelola setkab.go.id. Langkah ini sebagai upaya pencegahan jika ada peretasan berikutnya.

Langkah ketiga, melakukan pengamanan situs setkab.go.id pasca peretasan.

"Langkah ketiga tersebut di antaranya dengan meminta Kemenko Polhukam, Kepolisian RI yang membidangi cyber crime, dan Lembaga Sandi Negara untuk melakukan kajian dan penyelidikan atas peristiwa peretasan tersebut," jelas Seskab.

Setelah ditempuh beberapa langkah tersebut, terutama langkah pertama dan kedua, data yang sebelumnya sempat hilang, sedikit demi sedikit dapat dipulihkan kembali. Sejak pukul 18.45 WIB, situs setkab.go.id telah beroperasi kembali seperti sedia kala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper