Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jumlah restoran & outlet kuliner Bersertifikasi Halal Masih Rendah

Seorang eksekutif LPPOM MUI menilai masih rendah restoran dan outlet kuliner yang beroperasi di Tanah Air memiliki sertifikasi halal, sementara pasar bebas MEA akan diberlakukan pada akhir tahun ini.

Kabar24.com, JAKARTA --  Seorang eksekutif  LPPOM MUI menilai masih rendah restoran  dan outlet kuliner  yang beroperasi di Tanah Air memiliki sertifikasi halal, sementara pasar bebas MEA  akan diberlakukan  pada akhir tahun ini.

Lukmanul Hakim, Direktur LPPOM MUI, eksekutif itu mengatakan dengan diberlakukannya pasar bebas MEA pada akhir tahun ini, maka restoran asing akan bebas memasuki pasar lokal. Untuk itu, dia mengharapkan agar pengelola kuliner  lokal mau pun asing yang beroperasi di Indonesia untuk memproses sertifikasi halal, guna melindungi konsumen.

Proses untuk mendapatkan sertifikasi halal, katanya, tidak lama. Dia memperkirakan mencapai 50-60 hari kerja, asal ada kemamuan dari pihak pengelola restoran itu.

Dia memperkirakan baru sekitar 10%  restoran dan outlet kuliner di Indonesia yang sudah mengantongi sertifikasi halal. Jumlah restoran yang sudah mendapat sertifikasi halal mencapai sekitar 471 restoran dan 3.335 outlet.

Menurut Lukmanul, banyaknya restoran atau outlet kuliner yang  belum memiliki sertifikasi halal karena  pelaku usahanya Islam, dan menu yang disajikan menu biasa, sehingga mereka merasa tidak perlu memiliki sertifikasi halal.

Sementara  untuk restoran asing yang belum memiliki sertifikasi halal, kata Lukmanul, berhubungan kebiasaan di daerah asalnya yang mempertahankan  rasa yang sama. “Sebenarnya bisa dilakukan untuk mengubah kebiasaan itu, tergantung komitmen dari pengelolanya,” kata Lukmanul, Selasa (10/11/2015)

Dia mencontohkan Marugame Udon & Tempura otentik Jepang yang kebiasaan di negara asalnya tidak halal.  “Tapi karena ada komitmen dari pengelolanya di Tanah Air untuk sertifikasi halal, maka bisa  dilakukan,” kata Lukmanul disela-sela menyerahkan sertifikasi halal kepada restoran Marugame Udon &Tempura di Grand Indonesia Mall, Selasa (10/11/2015).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Efita
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper