Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dubes Szumowski: Mahasiswa Polandia Antusias ke Indonesia

Duta Besar Polandia untuk Indonesia Tadeusz Andrzej Szumowski, menyatakan mahasiswa negerinya antusias untuk belajar bahasa dan budaya Indonesia, salah satunya melalui program beasiswa Darmasiswa.
Tadeusz Andrzej Szumowski. /dzakarta.msz.gov.pl
Tadeusz Andrzej Szumowski. /dzakarta.msz.gov.pl

Bisnis.com, JAKARTA - Duta Besar Polandia untuk Indonesia Tadeusz Andrzej Szumowski, menyatakan mahasiswa negerinya antusias untuk belajar bahasa dan budaya Indonesia, salah satunya melalui program beasiswa Darmasiswa.

"Mahasiswa kami sangat antusias untuk mencari pengalaman baru. Mereka juga mengagumi keindahan alam Indonesia, keramahan sikap penduduknya, serta kekayaan budayanya," ujarnya dalam diskusi "Internasionalisasi Perguruan Tinggi Indonesia" di Universitas Katolik Atma Jaya, Jakarta, Jumat (6/11/2015).

Menurut dia, pemerintah Polandia tidak perlu gencar melakukan promosi untuk menarik minat mahasiswanya agar mau belajar di Indonesia karena setiap tahun pendaftar program beasiswa Darmasiswa sangat banyak.

"Saya secara pribadi merasa sangat nyaman dengan toleransi, senyum, dan pendekatan positif yang ditunjukkan warga Indonesia," katanya.

Program Darmasiswa sebagai salah satu upaya internasionalisasi perguruan tinggi di Indonesia, menurut dia, berperan penting bagi generasi muda yang berbeda negara dan latar belakang budaya untuk saling memahami satu sama lain, mendapat ilmu, dan memperluas jaringan.

"Yang paling penting adalah sentuhan kemanusiaan yang akan membantu seseorang mengetahui negara yang dituju, berinteraksi dengan warganya, dan mempelajari bahasanya. Hubungan seperti ini bisa terjalin untuk jangka panjang, bahkan seumur hidup," tutur Tadeusz.

Ia mengatakan internasionalisasi perguruan tinggi juga membantu para mahasiswa untuk mempelajari dunia, bahwa kita sebagai penghuni bumi memiliki ide, keinginan, dan mimpi yang sama.

Sebanyak 28 mahasiswa Polandia pada Agustus 2015 memperoleh beasiswa Darmasiswa dari Pemerintah Indonesia untuk tahun ajaran 2015/2016.

Polandia merupakan negara ketiga pengirim mahasiswa program Darmasiswa terbanyak, yang hingga saat ini mencapai 340 orang, sejak 1974.

Darmasiswa menjadi salah satu beasiswa yang dinanti mahasiswa Polandia karena memberikan kesempatan untuk dapat mempelajari dan mengenal Indonesia secara langsung selama jangka waktu yang cukup panjang di berbagai perguruan tinggi Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper