UGM Berangkatkan 280 Mahasiswa ke Pelosok Negeri

Sebanyak 280 mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi peserta KKN-PPM UGM Semester Gasal 2015. Mereka akan diterjunkan ke berbagai provinsi di Indonesia, mencakup Yogyakarta, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT).
Yulianisa Sulistyoningrum | 02 November 2015 11:02 WIB
Ilustrasi. - .

Kabar24.com, JAKARTA- Sebanyak 280 mahasiswa Universitas Gadjah Mada menjadi peserta KKN-PPM UGM Semester Gasal 2015. Mereka akan diterjunkan ke berbagai provinsi di Indonesia, mencakup Yogyakarta, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

KKN-PPM akan dilaksanakan mulai 1 November hingga 31 Desember 2015. Dari total jumlah peserta, 17 di antaranya adalah mahasiswa asing.

Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Prof Dr Ir Suratman, MSc, mengatakan, program KKN-PPM merupakan jawaban atas kebutuhan pemberdayaan masyarakat. Hingga 2015, KKN UGM telah dilaksanakan di 27 provinsi, 107 kabupaten, 200 kecamatan dan 310 desa.

"Jumlahnya semakin meningkat. Ini disebabkan peran serta kemitraan dan pemerintah daerah muncul untuk turut serta membangun Indonesia," ucapnya sebagaimana dilansir dari laman UGM, Senin (2/11/2015).

Suratman mengungkapkan, KKN UGM bisa mendorong perkembangan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Dia berharap, mahasiswa menjadi agen perubahan dan berperan sebagai motivator, dinamisator, inovator, dan fasilitator bagi masyarakat yang didampinginya.

"Proses ini akan mendorong pembelajaran timbal balik antara mahasiswa dan masyarakat. Soft skills mahasiswa maupun masyarakat yang didampingi semakin terbangun," imbuhnya.

Selama KKN-PPM berlangsung, para mahasiswa akan didampingi oleh 10 dosen pembimbing lapangan (DPL), serta satu dosen koordinator kabupaten (Korkab).

"Mahasiswa tersebar di beberapa provinsi tersebut dengan mengangkat 10 tema KKN," tukas Direktur Pengabdian kepada Masyarakat UGM, Irfan Dwidya Prijambada.

Tag : perguruan tinggi
Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top