Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IDUL ADHA: Jokowi Kurban Sapi Seberat 1.250 Ton di Masjid Surabaya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkurban sapi jenis Simental 1,250 ton di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MAS), Jawa Timur, Kamis.
Jokowi/Natalia Indah Kartikaningrum
Jokowi/Natalia Indah Kartikaningrum

 Kabar24.com, JAKARTA--Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkurban sapi jenis Simental 1,250 ton di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MAS), Jawa Timur, Kamis.

"Hewan kurban yang pertama kalinya dari Presiden untuk Masjid Al-Akbar itu sudah datang dari Bojonegoro pada Rabu (23/9) siang," kata Humas Masjid Al Akbar, Surabaya, Helmi M Noor. Selain Presiden, Gubernur Jatim Soekarwo, Wakil Gubernur Jatim H Saifullah Yusuf, dan Sekdaprov Akhmad Sukardi juga memberikan hewan kurban untuk disembelih di Masjid Al-Akbar.

"Sapi kurban dari Presiden Jokowi itu termasuk jenis Simental berusia tiga tahun dengan bobot 1,250 ton, sedangkan sapi kurban Guberbur Soekarwo juga sama jenisnya, tapi bobotnya lebih kecil sedikit, yakni 1,1 ton," katanya. Secara keseluruhan, jumlah hewan kurban di Masjid Al Akbar mencapai 21 ekor sapi dan 50 ekor kambing, termasuk sapi dari Presiden Jokowi.

"Jumlah tersebut hampir sama dengan kurban tahun lalu, karena tahun lalu kami juga menerima 21 ekor sapi dan 66 ekor kambing. Mungkin jumlah kambing akan sama karena jumlahnya bertambah terus hingga menjelang Shalat Idul Adha," katanya.

Rencananya, Shalat Idul Adha 1436 H/2015 di Masjid Al-Akbar Surabaya itu dipimpin khatib yang mantan Mendikbud Prof Dr Ir KH Mohammad Nuh DEA dengan tema "Menyemai Budaya Keteladanan". "Untuk imam Shalad Idul Adha adalah KH Abdul Hamid Abdullah SH MSi yang merupakan imam besar Masjid Al Akbar Surabaya sendiri," ujarnya.

Ia memperkirakan total jumlah jamaah mencapai 60 ribu orang. Mereka berada di ruang utama dalam, Selasar Masjid dan Halaman Luar/area paving dan Lantai 2 Masjid Al Akbar. "Untuk menghindari kemacetan, kami menyediakan lokasi parkir dari akses tol ke pintu sebelah Barat, dari arah Pagesangan ke lapangan MAS sebelah Barat gereja," katanya.

Untuk dari arah A.Yani, Menanggal, Graha Pangeran dan Gayungsari, jamaah bisa masuk melalui pintu Utara dan parkir di lapangan MAS/sebelah gereja, lalu dari arah Jl. Lingkar MAS, jamaah bisa langsung parkir di area parkir milik RM Agis yang berada di sebelah Selatan MAS.

"Kapasitas parkir di MAS adalah parkir mobil ada 1.010 unit, lalu parkir sepeda motor ada 1.500 unit. Kami juga menyiapkan dokter dan petugas kesehatan yang standby di ruangan dan keliling di area ibadah. Selain itu, juga disiapkan empat ambulans," katanya.

Bagi jamaah yang cacat, MAS juga menyiapkan akses dan tempat wudlu khusus, yang dipandu petugas, lokasinya berada di gerbang Timur Masjid, sisi kanan untuk pria dan sisi kiri untuk wanita. MAS juga menyiapkan tiga kursi roda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antar

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper