Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CRANE JATUH DI MASJIDIL HARAM: Penjelasan Menag Lukman, Ada 20 Jamaah Indonesia Jadi Korban

CRANE JATUH DI MASJIDIL HARAM: Penjelasan Menag Lukman, Ada 20 Jamaah Indonesia Jadi Korban
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin/Jibiphoto
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin/Jibiphoto

Kabar24.com, JAKARTA – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan ada 20 jamaah calon haji Indonesia menjadi korban luka-luka dan satu jamaah meninggal akibat alat berat jatuh di Masjidil Haram, Jumat, menyusul hujan deras disertai angin kencang.

"Kejadian ini memang luar biasa," ujar Amirul Hajj itu, dalam pembicaraan via telepon dengan tim Media Center Haji (MCH) di Makkah, Jumat malam (11/9/2015). 

Ia mengakui akibat hujan deras dan angin kencang di Mekkah, alat berat yang digunakan untuk perluasan Masjidil Haram terjatuh.

"Ada jamaah kita sebanyak 20 orang yang terluka dan sudah dibawa ke rumah sakit di Jiyad, Arab Saudi," kata Menag.

Selain itu, kata dia, ia menerima informasi ada satu jamaah yang meninggal namun masih membutuhkan data detail terkait nama dan embarkasi mana.

"Keluarga di Indonesia harap tetap tenang, karena korban luka sudah ditangani dokter yang profesional," ujarnya.

Menag juga mengimbau agar jamaah yang akan melaksanakan umrah qudum (kedatangan) menunda dulu ibadahnya sampai situasi di Masjidil Haram dinyatakan aman.

Korban meninggal akibat kejadian itu, menurut pemberitaan internasional, sudah mencapai 62 orang. Dalam laporan Metro TV, disebutkan dua jamaah haji asal Medan dilaporkan kritis akibat tertimpa alat proyek berat itu.

Menurut Anwar, jamaah haji di dekat lokasi kejadian yang diwawancarai Metro TV, kondisi kedua orang itu disebut-sebut dalam  kondisi kritis.

Sementara itu, menurut laporan TV One yang mewawancarai salah seorang jamaah haji asal Indonesia, Aljazuli, kejadian tersebut diawali hujan dan angin kencang yang disusul dengan suara dentuman keras seperti suara petir.

Akibat kejadian tersebut, menurut Aljazuli, jamaah yang berada di kompleks Masjidil Haram berhamburan lari  menyelematkan diri.

Aljazuli menuturkan beberapa jamaah tergelatak namun dia tidak mengetahui secara pasti apakah korban hanya pingsan atau meninggal. Yang lebih mengenaskan, Aljazuli sekilas melihat ada bagian anggota tubuh jamaah haji yang terputus.

Sebelumnya, hujan deras dengan butir-butir kecil es disertai angin kencang dan suara gemuruh melanda Kota Suci Mekkah Al Mukarammah, Jumat sore, sejak pukul 17.10 Waktu Arab Saudi atau pukul 21.10 WIB.

Tidak hanya butiran es dan angin kencang, hujan besar tersebut juga membawa debu yang membuat meja kerja di Kantor Misi Haji Indonesia di Makkah menjadi kotor.

"Kejadian seperti ini jarang terjadi selama ini," kata Syaiful, mukimin warganegara Indonesia yang sudah 12 tahun tinggal di Makkah bersama keluarganya seperti dilansir Antara.

Hal senada dikemukan Ahmad Abdullah Yunus, Kepala Seksi Katering Daker Mekkah, yang pernah tinggal di Jeddah. "Biasanya orang Arab khawatir kalau turun hujan," katanya.

Hujan yang jarang terjadi di Arab Saudi, membuat negeri itu tidak siap mengantisipasi air yang turun deras dari langit. Tahun 2010 Makkah dan Jeddah pernah dilanda banjir yang menimbulkan korban jiwa.

Sampai berita ini ditulis, hujan masih turun deras dengan gemuruh yang terus menggelegar disertai angin kencang

Hujan deras disertai angin kencang, kilat, dan gemuruh yang menggelegar selama sekitar 1 jam yang melanda Mekkah telah menyebabkan banyak pohon tumbang di jalan dan kaca lobby hotel pecah.

"Kaca lobby hotel pemondokan nomor 625 pecah berkeping-keping," kata Puadi, salah satu petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1436H/2015M sambil memperlihatkan video yang suasana di lobby tersebut.

Beruntung tidak ada korban jiwa dari kejadian tersebut, katanya.

Selain itu, hujan deras dan angin kencang juga menyebabkan sejumlah pohon tumbang ke jalan. Hal tersebut dilaporkan reporter dan kameramen TVOne Angga dan Cholid kepada tim Media Center Haji (MCH) yang berada di kantor Daker Makkah di Syisyah.

"Sepanjang sembilan bulan terakhir ini baru kali ini Makkah dilanda hujan yang besar disertai angin kencang," kata Hesham, warganegara Indonesia yang lahir dan besar di Makkah, Arab Saudi.

Hesham yang menjadi tenaga musiman (temus) pada PPIH tahun ini mengatakan dalam setahun biasanya hanya sekali bahkan sering tidak sama sekali hujan turun di Makkah.

"Hujan deras disertai butiran es dan angin kencang kali ini luar biasa," katanya. Beruntung, lanjut dia, hujan hanya berlangsung satu jam.

"Kalau hujan turun 2-3 jam biasanya banjir cukup besar seperti kejadian tahun 2007 dan 2010, karena Makkah daerah pegunungan (batu) dan tempat yang rendah seperti Masjidil Haram pernah terkena banjir," katanya.

Kendati demikian, Pemerintah Arab Saudi, kata dia, sangat cepat menangani masalah tersebut. Banjir dan jalanan yang kotor akibat hujan deras, biasanya cepat kembali bersih.

"Bahkan kalau ada mobil yang rusak karena banjir, pemerintah memberi ganti rugi," kata Aping Aneng, pemukim yang menjadi temus PPIH, menambahkan.

Oleh karena itu, kata dia, terowongan yang biasanya ditutup. Terowongan merupakan dataran terendah dan berada dibawah gunung batu, sehingga merupakan potensi banjir dan genangan air yang seringkali mobil terjebak di sana. (Antara/Bisnis.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper