Bank Mandiri: Sektor Perkebunan di Sumatra Utara Masih Bagus

Sektor perkebunan serta industri turunannya menjadi pendorong pertumbuhan fungsi intermediasi di Sumut.
Novita Sari Simamora | 02 Agustus 2015 16:40 WIB
Ilustrasi: Siluet pekerja merapikan tumpukan Kelapa Sawit di perkebunan kelapa sawit di kawasan Jawa Barat. - Bisnis.com/Nurul Hidayat

Bisnis.com, MEDAN--Regional CEO Bank Mandiri I Medan Tony Eko Boy Subari mengatakan sektor perkebunan serta industri turunannya menjadi pendorong pertumbuhan fungsi intermediasi di Sumut.

"Sektor yang bagus di Sumut adalah perkebunan dan industri turunannya. Kami juga akan menggenjot kredit infrastruktur," ungkapnya pada Bisnis.com via seluler, Minggu (2/8/2015).

Tony tak menampik kalau perlambatan penyaluran kredit masih akan terjadi pada paruh kedua tahun ini.

Sementara itu, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatra Utara mencatatkan penyaluran kredit perbankan mencapai Rp168,53 triliun, tumbuh 7,8% dari posisi Rp156,34 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Adapun sektor yang tumbuh paling tinggi adalah pertanian yang juga meliputi perkebunan yakni tumbuh hingga 21% secara year on year atau mencapai Rp30,12 triliun pada Mei 2015, naik dari posisi Rp24,85 triliun.

Sementara itu, Kantor Perwakilan BI Sumut juga mencatat sektor pertambangan di Sumatra Utara (Sumut) terkontraksi hingga 6,98% dari Rp430 miliar pada Mei  2014 menjadi Rp400 miliar pada Mei 2015.

Tag : bank mandiri
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top