Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sepekan Setelah Lebaran, Lalu Lintas Kota Yogya Kembali Normal

Lalu lintas di sejumlah ruas utama Kota Yogyakarta mulai kembali normal lebih dari sepekan setelah Lebaran.
Jalan Malioboro. /Antara
Jalan Malioboro. /Antara

Bisnis.com, YOGYAKARTA -- Lalu lintas di sejumlah ruas utama Kota Yogyakarta mulai kembali normal lebih dari sepekan setelah Lebaran. 

Kawasan wisata dan pusat belanja Jalan Malioboro serta ruas protokol di sekitarnya, seperti Jalan Senopati, Bhayangkara, KH Ahmad Dahlan, hingga ruas ring dua tampak lebih lengang pada Minggu, 26 Juli 2015.

Koordinator Bidang Lalu Lintas, Keamanan, dan Ketertiban Unit Pelaksana Teknis Malioboro Ahmad Syamsuddin mengatakan frekuensi masuknya kendaraan, baik roda empat dan roda dua, sejak Lebaran sampai H+7 atau Jumat, 24 Juli 2015, sempat masih di atas 1.000 kendaraan per menit.

"Mulai H+8 dan H+9 ini frekuensi masuk kendaraan ke Malioboro per menit tinggal 600-an unit," ujar Syamsuddin.

Dari pantauan Tempo, sejumlah pusat perbelanjaan seperti Pasar Beringharjo, pusat oleh-oleh Patuk, dan kawasan Alun-alun serta Jalan Solo juga tampak tidak semrawut dan berjubel kendaraan wisatawan. Begitu pula pusat penginapan dan hotel di ring pertama Malioboro, seperti Jalan Sosrowijayan dan Dagen, yang sepi dari bus wisata atau kendaraan pribadi.

"Untuk posko-posko pengamanan Lebaran juga kami bubarkan hari ini," ujar Syamsuddin. Posko pengamanan Lebaran yang dibubarkan di kawasan Malioboro dan sekitarnya ada sekitar enam posko.

Kepala Badan Pengembangan Dinas Pengelolaan Pasar Kota Yogyakarta Rudi Firdaus mengatakan seiring berakhirnya masa libur Lebaran, seluruh pasar tradisional juga kembali normal dan harga-harga kebutuhan pokok tak bergolak.

"Kunjungan pasar sempat naik 60 persen saat puncak libur pekan ini, tapi sudah kembali normal," ujar Rudi. Yang paling mendapat limpahan pengunjung adalah Pasar Beringharjo yang rata-rata pengunjung hariannya sekitar 20.000 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Setyardi Widodo
Sumber : Tempo.co

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper