Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SUMBER WARAS-GATE: Hasil Kajian Garuda Institute Picu Pertempuran Besar di Sosmed

Hasil kajian Garuda Institute menyangkut pembelian tanah RS Sumber Waras seluas 3,64 ha yang diinisiasi Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok rupanya telah memicu pertempuran besar di jagat maya, terutama antara pengkritik dan pendukung Ahok.
Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Wagub DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat/Beritajakarta.com
Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Wagub DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat/Beritajakarta.com

Bisnis.com, JAKARTA—Hasil kajian Garuda Institute menyangkut pembelian tanah RS Sumber Waras seluas 3,64 ha yang diinisiasi Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok rupanya telah memicu pertempuran besar di jagat maya, terutama antara pengkritik dan pendukung Ahok.

Pertempuran besar tersebut terjadi misalnya di http://forum.detik.com/-t1232190.html dan di kaskus, pada thread http://www.kaskus.co.id/thread/55a2dce254c07abf1e8b4569/guncangan-hebaaat-coba-ahok-beli-sendiri-tanah-belakang-rs-sumber-waras/

Dalam kedua forum tersebut, baik pengkritik Ahok maupun pendukung Ahok terlihat saling berjibaku adu argumen. Beberapa di antaranya bahkan sampai mengeluarkan kata-kata kasar yang tidak pantas. Tetapi, banyak juga di antaranya yang malah mengundang tawa.

Yang menarik, di awal pertempuran, yang muncul adalah mereka yang mengamini kajian Garuda Institute dan menyindir pendukung Ahok yang mereka sebut ‘Panastak’ dan ‘Panasbung’. Di forum detik, Jaka_kentir misalnya, menulis: Mana nih PANASBUNG AHOK..... AIR BERIAK TANDA TAK DALAM. 

Sindiran yang sama ada di kaskus. Akun gag.ngurus misalnya: “Abis ne bakal ada panastak yg kasi data masa depan kalo tu tanah mengandung unsur emas dan berlian sehingga pantaslah uang hasil ngrampok warga jakatta buat beli tu tanah. Panastak harap bergetar secara teratur sesuai antrian."

Sindiran itu ditimpali lagi oleh aktivis kaskus lain, misalnya oleh sasasasasasasas: teman ahooooooook... toooooolllloooooonnggg  ahok kena banyak pukul disini nih Juga oleh kortikal: Ayo dong Teman Ahok jgn cm keliling kumpulin KTP, bantuin jawab ini, pusing ini pusing, udah terbongkar duluan  

Akan halnya pendukung Ahok, muncul belakangan. Seperti galenian: GARUDA INSTITUTE ini apaan sih? Ane nyari di internet kok keluarnya malah perusahaan software di denmark dan satu lagi malah nawarin personal trainer buat fitness.... Seriously..... ini garuda institute kredibilitasnya gimana?

Namun, serangan itu langsung disindir oleh kortikal: Mulai muncul satu ekor. Juga oleh pioneerz: ayo cari informasi garuda institut.... serang personil garuda institut.... serbu.... Dan juga oleh kabei: Serang si roso.... Bully dia.

Yang pasti, tak semua peserta pertempuran itu memihak. Ada juga yang terlihat menetralisir situasi, seperti pemilik akun kanataqueen yang menulis: coba kali aja ada kaskuser yang ke TKP uat foto2 situasi tanahnya  biar jelas gitu lho. Juga cysers1: Nunggu penjelasan si ahok dulu....

Garuda Institute sebelumnya mengecam keras provokasi yang disampaikan Ahok kepada pejabat Badan Pemeriksa Keuangan, dan pernyataan lain seperti tidak diberi kesempatan pidato, mau memecat sekda, dan seterusnya, terkait dengan pembelian tanah 3,64 ha RS Sumber Waras-Grogol

Lembaga riset ini menilai selain tidak mendidik masyarakat, provokasi dan pernyataan-pernyataan itu semua bertendensi politik, karena ditujukan untuk mendistraksi informasi kepada khalayak sekaligus mengaburkan pokok masalah yang lebih substansial, yakni akuntabilitas keuangan Pemprov DKI.

Terakhir, Garuda Institute menilai pembelian tanah yang diinisiasi Ahok itu telah melanggar UU No. 2 Tahun 2012, Peraturan Presiden No.71 Tahun 2012 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 13 Tahun 2006. Ahok sendiri hingga kini belum merespons hasil kajian tersebut.

“Kami tahu banyak fans Ahok di sini. Kami dibilang anteknya Gerindra-lah, PDIP-lah, OTB-lah. Kami tak ada urusan dengan itu. Ini soal uang negara, uang kita yang tiap bulan diambil paksa pemerintah. Kami sarankan Ahok istighfar. Ada apa di balik pembelian tanah itu. Rakyat berhak dapat penjelasan,” kata Roso Daras, peneliti Garuda Institute.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Bastanul Siregar

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper