Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jatim Dorong PNS Rajin Donor Darah

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan direksi RSUD Dr Soetomo dalam pengadaan Pojok Donor Darah di lingkungan Setdaprov Jatim Jl Pahlawan 110 Surabaya.
donor darah, ilustrasi/pmi.or.id
donor darah, ilustrasi/pmi.or.id

Bisnis.com, SURABAYA – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan direksi RSUD Dr Soetomo dalam pengadaan Pojok Donor Darah di lingkungan Setdaprov Jatim Jl Pahlawan 110 Surabaya.

 

Fasilitas tersebut difungsikan sebagai upaya meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, terutama dalam hal pemenuhan kebutuhan darah.

  

“Setetes darah dapat menyelamatkan nyawa orang lain,” ungkap Sekda Prov Jatim Dr. H Akhmad Sukardi saat peresmian fasilitas tersebut, sebagaimana dikutip dari keterangan resmi Setdaprov Jatim, Senin (29/6/2015).

 

Dia menambahkan dengan adanya Pojok Donor Darah, para PNS tidak perlu bersusah payah mendonorkan darahnya ke PMI. “Hal ini sebagai upaya jemput bola yang dilakukan pihak RSUD Dr. Soetomo.”

 

Selain pojok darah, di Pemprov. Jatim juga dilengkapi klinik kesehatan yang buka setiap hari Rabu. Selain itu ada pula Rumah Sakit KORPRI Pura Raharja yang buka sewaktu-waktu  untuk melakukan cek darah lengkap bagi para anggotanya.

 

Sementara itu, Direktur RSUD. Dr. Soetomo Dodo Anondo mengatakan kebutuhan darah saat ini sebanyak  29.000 pack/bulan atau 300 pack/hari.

 

Adapun, jatah yang diberikan PMI sebanyak 78% (22,6 ribu pack). Selain itu, ada usaha dari RSUD. Dr. Soetomo untuk memenuhi, dapat mengumpulkan sebanyak 13% (3,7 ribu pack), sehingga masih ada kekurangan sebesar 9%.

 

“Untuk memenuhi kekurangan tersebut, kami dari RSUD Dr. Soetomo berupaya dengan cara jemput bola, yaitu mendirikan pojok donor darah di lingkungan Kantor Pemprov. Jatim,” jelasnya.

 

Pojok Donor Darah dilengkapi empat tempat tidur, yang beroperasi setiap hari Jumat mulai pagi setelah kegiatan senam pagi sampai pukul 13.00.  

 

Menurut dr. Dodo, bagi karyawan yang rajin dan rutin mendonorkan darahnya akan mendapatkan apresiasi dari pihak RSUD Dr. Soetomo, yaitu setiap karyawan yang telah mendonorkan 10 kali, 15 kali, 20 kali akan mendapatkan fasilitas Cek Up gratis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper