Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ramadan Kesempatan Orang Tua Didik Anak Tentang Nilai Agama

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan, bulan suci Ramadhan merupakan kesempatan emas bagi semua orang tua untuk mendidik anak-anak tentang nilai-nilai keagamaan.
Menbuddikdasmen Anies Baswedan ./Antara-Sigid Kurniawan
Menbuddikdasmen Anies Baswedan ./Antara-Sigid Kurniawan
Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan, bulan suci Ramadhan merupakan kesempatan emas bagi semua orang tua untuk mendidik anak-anak tentang nilai-nilai keagamaan.
Lantaran itu, jelas Anies Baswedan, para orang tua diharapkan lebih sering menghadirkan keteladanan di rumah sembari memanfaatkan waktu shaum Ramadhan. 

"Waktu bagi orang tua untuk mengajarkan nilai-nilai keagamaan yang baik. Dan agama itu diajarkannya lewat praktik, lalu dibiasakan," ujar Menteri Anies Baswedan, di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Senin (22/6/2015).

Ramadhan, sambung Anies, menjadi kesempatan emas bagi orang tua untuk melaksanakan shalat berjamaah bersama keluarga.
"Buat orang tua, Ramadhan adalah kesempatan emas. Shalat Subuh sama-sama, Maghriban sama-sama, Tarawih sama-sama," papar Anies.

Apalagi, sambung mantan Rektor Universitas Paramadina ini, pada bulan Ramadhan seringkali diiringi dengan liburan sekolah. Sehingga, akan ada banyak waktu lebih bagi orang tua mendampingi anak-anaknya di rumah.
Di samping itu, kata dia, sekolah-sekolah juga kerap menyelenggarakan program pendidikan tambahan. Misalnya, pesantren kilat. 

"Yang tidak kalah penting, masjid-masjid di sekitar, agar takmirnya jangan hanya ada untuk para orang tua saja. Buatlah kegiatan untuk anak-anak," ungkap Menteri Anies Baswedan menyarankan.

Lantaran itu, dia menambahkan, Kemendikbud sangat menganjurkan takmir-takmir masjid untuk mengadakan kegiatan rutin Ramadhan bagi anak-anak usia SD-SMA. Dengan begitu, akan ada lingkungan pendidik, baik di rumah maupun di luar rumah si anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper