Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Akan Resmikan RS Indonesia di Gaza

Presiden Jokowi direncanakan meresmikan RS Indonesia di Gaza Palestina yang dibiayai menggunakan sumbangan masyarakat Indonesia senilai berkisar Rp120 miliar.
Presiden RI Joko Widodo (tengah)/Antara
Presiden RI Joko Widodo (tengah)/Antara

Kabar24.com, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan melakukan kunjungan kerja di kawasan Timur Tengah. Dia akan meresmikan Rumah Sakit Indonesia di Gaza Palestina.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, RS di Gaza dibangun oleh organisasi kemanusiaan Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) dengan menggunakan kumpulan dana masyarakat Indonesia tanpa melibatkan pemerintah ataupun bantuan dari negara lain.

"Bagi Presiden, yang menarik adalah ini kontribusi masyarakat, recehan yang dikumpulkan dari seluruh Indonesia tanpa dana dari pemerintah," kata Pratikno seusai audiensi delegasi MER-C dengan Presiden di Istana Kepresidenan, Rabu (17/6/2015).

Dalam audiensi dengan Presiden, delegasi MER-C secara resmi mengundang Jokowi untuk menghadiri peresmian RS yang menelan biaya Rp120 miliar. RS ini mulai dibangun sejak 3,5 tahun lalu dan pada 15 Juni 2015 lalu sudah dilakukan soft launching.

Mengenai waktunya, Pratikno belum bisa menjelaskan lebih rinci karena perlu koordinasi dengan pihak Kementerian Luar Negeri dalam menjajaki negara-negara di Timur Tengah. Ada beberapa negara yang akan dikunjungi oleh Jokowi terutama Mesir dan salah satu spot yang akan dikunjungi adalah Gaza Palestina.

Negara Mesir masuk daftar pertama kunjungan Jokowi karena pada peringatan Konferensi Asia Afrika beberapa waktu lalu ikut hadir. Selain itu Indonesia memiliki sejarah panjang hubungan diplomatik dengan negara-negara Timur Tengah, serta beban moral sebagai negara islam terbesar, Islam moderat dan toleran yang punya kepentingan besar memberi kontribusi perdamaian di sana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper