Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Situs ini Diklaim Bisa Mendeteksi Waktu Kematian Seseorang

Berbekal kuesioner sederhana, tim peneliti Swedia mengklaim bisa mendeteksi resiko seseorang meninggal dalam 5 tahun ke depan.
/jibi
/jibi

Kabar24.com, JAKARTA - Berbekal kuesioner sederhana, tim peneliti Swedia mengklaim bisa mendeteksi resiko seseorang meninggal dalam 5 tahun ke depan.

Tes tersebut dilakukan dengan mengajukan sejumlah pertanyaan yang sederhana kepada orang berusia 40-70 tahun, dapat dilakukan secara online dengan mengunjungi situs Ubble.co.uk.

Jika tertarik mencobanya, akan disediakan 11 pertanyaan untuk pria dan 13 pertanyaan bagi wanita. Tim dokter mengklaim bahwa tingkat keakuratan dari tes tersebut sebesar 80 persen.

 Pertanyaan meliputi berapa banyak mobil atau van yang tersedia untuk rumah tangga Anda? Apakah Anda merokok? Apakah dokter pernah mengatakan bahwa Anda memiliki kanker? Bagaimana Anda menggambarkan kecepatan berjalan normal? Berapa banyak orang tinggal di rumah Anda?

 Para peneliti juga menemukan bahwa self-assessment kesehatan terbukti menjadi indikator yang paling akurat atas kemungkinan pria akan meninggal dunia. Sedangkan diagnosis kanker paling akurat untuk wanita.

 Kebiasaan merokok ditemukan menjadi cara terbaik untuk menilai apakah seseorang akan mati setelah beberapa penyakit dan gangguan disebabkan kebiasaan buruk tersebut.

 "Fakta bahwa skor dapat diukur secara online pada kuesioner singkat tanpa memerlukan tes laboratorium atau pemeriksaan fisik merupakan perkembangan menarik," kata Dr Erik Ingelsson, yang terlibat dalam penelitian, seperti yang dilansir Sky News pada 4 Juni 2015.

 "Kami berharap bahwa skor kami akhirnya memungkinkan dokter untuk cepat dan mudah mengidentifikasi pasien berisiko tertinggi mereka. Tentu saja skor memiliki tingkat ketidakpastian dan tidak harus dilihat sebagai prediksi deterministik," kata Dr Andrea Ganna dari Karolinska Institutet, Universitas Swedia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Yusran Yunus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper