Bantu Warga Rohingya, RI Gandeng Negara-negara Islam

Indonesia akan mengajak negara-negara Islam lain untuk memberikan pertolongan dan bantuan terhadap warga pengungsi asal Rohingya, Myanmar yang berada di Aceh dan Sumatera Utara.
Tegar Arief
Tegar Arief - Bisnis.com 02 Juni 2015  |  09:52 WIB
Bantu Warga Rohingya, RI Gandeng Negara-negara Islam
Pengungsi Rohingya terdampar di Laut Aceh, tepatnya di Desa Meunasah Sagoe, Seuneudon, Aceh Utara, Aceh, Minggu (10/5/2015). - Antara/Syifa

Kabar24.com, JAKARTA-- Indonesia akan mengajak negara-negara Islam lain untuk memberikan pertolongan dan bantuan terhadap warga pengungsi asal Rohingya, Myanmar yang berada di Aceh dan Sumatera Utara.

Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri Lalu Muhammad Iqbal mengatakan pihaknya telah mengajak beberapa negara Islam lain untuk turut berperan dalam meringankan beban masyarakat Rohingya tersebut.

"Kita dengan negara Islam bukan soal (Rohingya) mengemis, tapi mengajari dunia Islam untuk membiasakan diri share of responsibility mengurusi masalah dunia Islam sendiri," katanya dalam siaran pers yang diterima, Selasa (2/6/2015).

Ajakan yang langsung dilakukan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi itu menurut Iqbal telah berjalan dengan baik. Sejumlah negara Islam tengah menyanggupi untuk memberikan bantuan.

"Ajakan itu disambut positif oleh negara Islam lain. Kita yang lakukan diplomatic effortnya. Yang lain bantu dengan kemampuan mereka," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
rohingya

Editor : Andhina Wulandari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top