Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Matahari Melintas di Atas Kabah Hari Ini Pukul 16.18 WIB

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Mukhtar Ali mengatakan, matahari diperkirakan bakal melintas tepat di atas Kabah, Kamis (28/5/2015). Peristiwa berdasarkan data astronomi ini diperkirakan terjadi pukul 16.18 WIB dan 17.18 WITA.
Matahari terbit/itimes.com
Matahari terbit/itimes.com

Kabar24.com, JAKARTA-- Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Mukhtar Ali mengatakan, matahari diperkirakan bakal melintas tepat di atas Kabah, Kamis (28/5/2015). Peristiwa berdasarkan data astronomi ini diperkirakan terjadi pukul 16.18 WIB dan 17.18 WITA.

SIMAK: 4 Hal Dilakukan Saat Matahari Tepat Melintas di Atas Kabah

"Bayang-bayang benda yang berdiri tegak pada tanggal dan jam tersebut akan mengarah tepat ke arah Kabah," kata Mukhtar Ali dalam pernyataannya seperti yang dilansir oleh laman resmi Kementerian Agama, Rabu (27/5/2015).

Menurut Mukhtar, fenomena semacam itu dikenal dengan nama Rashdul Qiblah, yaitu ketentuan waktu di mana bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjuk ke arah kiblat, yang menjadi panduan umat muslim untuk mengerjakan salat.

Seiring dengan fenomena alam tersebut, Mukhtar mengatakan, momen-momen inilah yang tepat bagi umat muslim dan pengurus takmir masjid atau musala di seluruh Indonesia untuk memverifikasi kesesuaian arah kiblatnya masing-masing.

Secara astronomis fenomena matahari melintasi persis di atas Kabah terjadi akibat gerakan semu tahunan matahari yang hanya terjadi di daerah dengan lintang antara 23,5 derajat lintang utara dan 23,5 derajat lintang selatan.

Dalam rentang ini matahari menyinari daerah yang memiliki lintang antara 23,5 derajat LU dan 23,5 derajat LS itu. Matahari melintasi Kabah terjadi ketika matahari mencapai titik paling utara dan kembali terjadi ketika matahari menuju ekuator langit dari titik paling utara tersebut.

Posisi matahari tepat di atas Kabah terjadi bila deklinasi sang surya sama dengan lintang Kabah atau Mekah. Saat itu matahari berkulminasi di atas Kabah. Arah terjadinya bayang matahari terhadap suatu benda merupakan arah kiblat di berbagai wilayah di bumi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper