Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jumlah Lansia di Indonesia Sentuh Angka 25 Juta Orang

Jumlah penduduk berusia lanjut menyentuh angka 25 juta dan diperkirakan angka ini akan terus naik.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Kabar24.com, JAKARTA- Jumlah penduduk berusia lanjut menyentuh angka 25 juta dan diperkirakan angka ini akan terus naik.

Ketua Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia (PERGEMI) Siti Setiati mengatakan penduduk dengan usia di atas 60 tahun di Indonesia akan terus bertambah. Saat ini, jumlah orang lansia di Indonesia menduduki peringkat ketiga teratas setelah India yang berjumlah 100 juta orang dan China 200 juta orang.

"Lansia di Indonesia ada 25 juta diperkirakan akan naik dengan perbandingan 1:5 atau dari lima orang pasti ada satu lansia. Angka ini di bawah China yang 200 juta orang dan India 100 juta orang," ujarnya saat acara seminar media peringatan Hari Lansia di Doubletree Hotel, Jakarta, Kamis (21/5/2015).

Kendati demikian, tingginya jumlah orang lansia kerap kali menjadi beban. Pasalnya, orang lansia meski jumlahnya banyak keadaannya sakit dan kemampuannya fisiknya menurun. Dari jumlah tersebut, paling tidak hanya 50% yang berada dalam keadaan sehat.

"Dari angka itu, hanya 50% yang sehat," katanya.

Hal ini terjadi karena kurangnya inisiasi masyarakat untuk mempedulikan pencegahan terhadap berbagai penyakit yang muncul di usia lanjut.

Dilihat dari usianya, angka harapan hidup di Indonesia 72 tahun atau masih rendah bila dibandingkan dengan negara lain seperti Jepang dengan angka 84 tahun, Korea Selatan 82 tahun dan Amerika Serikat dengan 79 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper