Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

10 Negara Ini Punya Sekolah Terbaik di Dunia

Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) merilis sistem pendidikan terbaik dunia dan urutan negaranya.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 15 Mei 2015  |  08:54 WIB
Sejumlah siswa sekolah menengah pertama mengembalikan buku-buku Kurikulum 2013 (K-13) kepada pihak Sekolah di SMPN 56, Jakarta Selatan, Senin (15/12). - Antara
Sejumlah siswa sekolah menengah pertama mengembalikan buku-buku Kurikulum 2013 (K-13) kepada pihak Sekolah di SMPN 56, Jakarta Selatan, Senin (15/12). - Antara

Kabar24.com, JAKARTA-- Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) merilis sistem pendidikan terbaik dunia dan urutan negaranya.

Dalam daftar ini, setidaknya ada lima negara Asia masuk dalam jajaran lima besar negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia, yang meliputi bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan. Negara-negara Asia yang masuk jajaran lima besar tersebut adalah Singapura, Hong Kong, Korea Selatan, Jepang dan Taiwan.

Negara di luar Asia yang muncul pertama kali setelah jajaran negara Asia adalah Finlandia di urutan yang keenam. Kanada merupakan negara di benua Amerika yang muncul paling pertama yakni diurutan ke-10, sedangkan Amerika Serikat baru muncul di urutan ke-28.

Berbeda dengan survei sebelumnya yang dikelola The Programme for International Student Assessment atau PISA, survei kali ini dikelola oleh sebuah Organisasi Kerja sama Ekonomi dan Pembangunan atau OECD.

Menurut Andreas Schleicher, Direktur Pendidikan OECD, mengatakan bahwa ide pengklasifikasian sistem pendidikan terbaik dunia melalui organisasi ini amemberi gambaran mengenai negara maju maupun berkembang untuk membandingkan sistem pendidikan yang ada di negara tersebut dengan negara-negara yang yang dikenal memiliki sistem pendidikan terbaik.

Andreas menambahkan, untuk mencari tahu kelemahan maupun kekuatan pada sistem pendidikan, serta untuk melihat apa keuntungan ekonomi jangka panjang dari peningkatan kualitas pendidikan untuk negara-negara terasebut.

Adapun survei yang dilakukan OECD memang agak berbeda dengan survei yang dilakukan PISA. Survei PISA memang hanya fokus pada negara-negara maju saja. Sementara itu, survei OECD melibatkan hingga 76 negara dari status ekonomi yang beragam.

"Ini pertama kalinya kita memiliki skala global tentang kualitas pendidikan yang sebenarnya," ungkap direktur pendidikan OECD tersebut.

Berikut adalah daftar 10 besar negara yang memiliki sekolah-sekolah terbaik di dunia:
1. Singapura
2. Hong Kong
3. Korea Selatan
4. Jepang
4. Taiwan
6. Finlandia
7. Estonia
8. Swiss
9. Belanda
10. Kanada

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pendidikan

Sumber : Tempo.co

Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top