Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KEK Bitung Dijanjikan Bakal Rendah Emisi Karbon

Kendati ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus, Kota Bitung berkomitmen untuk mengurangi emisi gas rumah kaca pada 2020 sehingga perlu ada penataan sejak awal.
Pelabuhan Bitung calon kawasan ekonomi khusus
Pelabuhan Bitung calon kawasan ekonomi khusus

Bisnis.com MANADO – Kendati ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus, Kota Bitung berkomitmen untuk mengurangi emisi gas rumah kaca pada 2020 sehingga perlu ada penataan sejak awal.

Kota Bitung merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang akan mendapatkan penyusunan studi kelayakan (feasibility study/FS) untuk Low Carbon Model Town (LCMT)  tahun 2015. Untuk itu, konsultas asal Swiss, South Pole Group menggelar Kick Off Meeting pada Senin (11/5) di Kantor Walikota Bitung.

Peneliti Madya Bidang Pembangunan yang juga anggota tim penyusun proposal LCMT Kota Bitung Jacoba Roeroe mengungkapkan pertemuan dengan konsultan itu sebagai penentu kerjasama dengan APEC ke depan.

“Rencana kerja proyek Bitung sebagai kota rendah karbon yakni tata guna lahan, sistem transportasi, sistem energi, lingkungan, dan pengelolaan wilayah,” katanya seperti dikutip dari situs humas Kota Bitung, Senin (11/5).

Dia mengungkapkan setelah Bitung ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus maka akan ada perubahan energi sehingga hal ini perlu ditata dari sekarang. Pasalnya, dia menilai urbanisasi menyebabkan beban kota terus meningkat, khususnya dalam hal penyediaan energi dan emisi gas rumah kaca.

Sementara itu, Walikota Bitung Hanny Sondakh mengungkapkan Pemkot Bitung telah melaksanakan persiapan LCMT melalui sejumlah pertemuan bersama Direktorat Jendeal enerbi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

“Jika ke depan ada perubahan syarat perijinan pembangunan guna menjaga lingkungan kota supaya tidak mengandung emisi berlebihan yang akan merusak kondisi hutan maka masyarakat harus saling menopang,” katanya.

Rencananya, konsultan asal Swiss itu juga akan mengadakan pertemuan lanjutan bersama Badan KEK Bitung dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara pada, Selasa (12/5).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukas Hendra TM

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper