Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

GERHANA BULAN TOTAL 4 April: Wow, Inilah Penampakan Mengagumkan di Sejumlah Negara

Dari informasi publik yang dikeluarkan Sub Bidang Gravitasi dan Tanda Waktu BMKG menyebutkan GBT dapat diamati masyarakat di Tanah Air. Masyarakat di wilayah Amerika, Samudra Pasifik, Australia, Asia kecuali bagian Barat dan sebagian kecil Afrika Timur, juga bisa menyaksikan keajaiban alam ini.
Yusran Yunus
Yusran Yunus - Bisnis.com 05 April 2015  |  17:35 WIB
Gerhana bulan total/earthsky - yus
Gerhana bulan total/earthsky - yus

Kabar24.com, JAKARTA - Satu bukti kekuasaan Sang Pencipta akan kita saksikan esok hari, 4 April 2015 yakni Gerhana Bulan Total (GBT).

Gerhana bulan didefinisikan sebagai sebuah peristiwa ketika terhalangnya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan. Peristiwa
tersebut merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi matahari, bumi dan bulan.

Waktu Kejadian Gerhana Bulan Total 4 April

Fase Gerhana

Waktu (WIB)

Gerhana mulai

15.59

Gerhana Sebagian mulai

17.15

Gerhana Total mulai

18.54

Puncak Gerhana

19.00

Gerhana Total berakhir

19.06

Gerhana Sebagian berakhir

20.45

Gerhana berakhir

22.00

 Gerhana Bulan hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya. Adapun Gerhana Matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya matahari olehh bulan sehingga tidak semuanya sampai ke Bumi dan selalu terjadi pada saat fase bulan baru.

Dari informasi publik yang dikeluarkan Sub Bidang Gravitasi dan Tanda Waktu BMKG menyebutkan GBT dapat diamati masyarakat di Tanah Air. Masyarakat di wilayah Amerika, Samudra Pasifik, Australia, Asia kecuali bagian Barat dan sebagian kecil Afrika Timur, juga bisa menyaksikan keajaiban alam ini.

Seluruh proses GBT bisa diamati dari wilayah Papua bagian Timur. Hal ini mengingat bulan sudah terbit sebelum fase GBT mulai terjadi.

Adapun masyarakat di daerah Papua bagian Barat, Maluku, Sulawesi, Nusa Tenggara dan sebagian Kalimantan bagian Timur akan mendapati bulan dalam fase Gerhana Penumbra saat bulan terbit.

Masyarakat yang berada di Kalimantan Timur bagian Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat,Kalimantan Selatan, Bali, Jawa dan Sumatra akan mengamati bulan dalam fase gerhana sebagian saat bulan terbit.

"Pada waktu-waktu berikutnya, semua pengamat bisa mengamati fase-fase gerhana hingga berakhirnya fase Gerhana berakhir," ujar BKMG.

Proses GBT esok hari, diperkirakan berlangsung selama 6 jam 1,2 menit. Puncak gerhana diperkirakan terjadi pada pukul 19.00 WIB.

Bagaimana proses dan fase gerhana hari ini, berikut penjelasannya: FASE GERHANA BULAN TOTAL

Sepanjang tahun 2015, diprediksi ada 4 kali gerhana yakni Gerhana Matahari Total 20 Maret, GBT 4 April, Gerhana Matahari Sebagian 13 September, GBT 28 September.

Lihat sejumlah dokumentasi foto Gerhana Bulan Total pada 8 Oktober 2014 di sejumlah negara:

Alaska

Nebraska

Texas

Toronto

Australia

Indonesia:

Bandung

Denpasar

Yogyakarta

 Ini liputan LIVE REPORT Gerhana Bulan Total 8 Oktober 2014: Umat Islam Gelar Salat Gerhana

Menyikapi fenomena alam ini, Kementerian Agama mengimbau umat Islam untuk melakukan salat sunnah gerhana bulan (khusuf) secara berjamaah, sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad Saw.

"Dianjurkan [sunnah muakkadah] untuk bertakbir terlebih dahulu. Perbanyak zikir, doa, istighfar, sedekah dan melakukan amal-amal kebajikan lainnya," kata Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag, Machasin.

Untuk mengabadikan peristiwa langka ini dan menyebarluaskannya kepada khalayak luas, BMKG dijadwalkan akan melakukan live streaming. "Jika cuaca cerah, BMKG akan melakukan live streaming," demikian pengumuman BMKG.

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Klas I Juanda Surabaya, puncak gerhana bulan total diprediksi akan berlangsung selama 12 menit.

"Gerhana totalnya terjadi pukul 18.54 WIB, kemudian puncaknya pukul 19.00 WIB dan gerhana total berakhir pukul 19.06 WIB," ujar Prakirawan BMKG Klas I Juanda Surabaya, Teguh Tri Susanto, sebagaimana dikutip Antara.

Inilah Penampakan Gerhana Bulan Total 4 April 2015 di Sejumlah Negara yang disajikan earthsky:

California by Spence Mann

Fase awal by Becky Priest

Florida

Arkansas

Iowa

Colorado

Dallas

San Diego

Wyoming

Australia

Malang Jawa Timur

 

 

 

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Gerhana Bulan Total
Editor : Yusran Yunus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top