Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wah, PDIP Pastikan Tidak Mengusung Risma Lagi Sebagai Wali Kota

Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPC PDIP) memastikan tidak akan membawa nama Tri Rismaharini ke kongres di Bali pada Kamis (9/4/2015), pekan depan.
Tri Rismaharini/Bisnis-Wahyu Darmawan
Tri Rismaharini/Bisnis-Wahyu Darmawan

Bisnis.com, JAKARTA--Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPC PDIP) memastikan tidak akan membawa nama Tri Rismaharini ke kongres di Bali pada Kamis (9/4/2015), pekan depan.

“Kami akan memperjuangkan kader sendiri,” kata Bendahara PDIP Surabaya yang juga Ketua Panitia Rapat Kerja Cabang PDIP Surabaya, Budi Leksono.

Kongres akan membahas usul arus bawah untuk pemilu kepala daerah dan pemilihan ketua umum partai. Untuk pemilu kepala daerah Surabaya, DPC akan mengajukan nama Wisnu Sakti Buana yang kini menjabat Wakil Wali Kota Surabaya dan Ketua DPC PDIP Surabaya. Sedangkan untuk pemilihan Ketua Umum PDIP, DPC PDIP Surabaya tetap mengajukan nama Megawati Soekarnoputri. “Kami ingin pilwali usung Pak Wisnu dan Ketua Umum (PDIP) tetap Bu Mega.”

Soal dicoretnya nama Risma, Budi memiliki alasan. Menurut dia, dari hasil rapat kerja cabang pada 15 Maret 2015, seluruh ranting dan pengurus cabang sepakat tidak lagi mengusung Risma. Mereka memutuskan secara aklamasi mengajukan Wisnu Sakti Buana yang merupakan kader partai.

Budi mengatakan selama ini Risma tidak pernah mengakui bahwa dirinya kader PDIP. “KTA (kartu tanda anggota) saja enggak punya. Kontribusi tidak pernah ada.” Bahkan, sejak terpilih menjadi wali kota pada 2010, Risma tidak pernah mengikuti rapat bersama fraksi, pengurus, dan struktural yang menjadi tradisi partai.

Kendati begitu, Budi tidak menampik jika keputusan rekomendasi sepenuhnya ada di tangan ketua umum dan DPP. Sebagaimana pada 2010, DPP PDIP bisa saja merekomendasikan calon di luar partai yang sebelumnya tidak diusung pengurus cabang. “Kalau rekomendasi sudah turun, ya enggak ada yang berani menentang.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper