Pemda Purwakarta Buka Akses Menuju Kawasan Terisolir

Pemerintah Kabupateb Purwakarta meminta pemerintah pusat memberi dukungan pembangunan infrastruktur menuju Kecamatan Sukasari yang terisolir akibat pembangunan waduk Jatiluhur.
Emanuel B. Caesario | 17 Maret 2015 20:52 WIB
Angkutan perdesaan - Jibi

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Kabupateb Purwakarta meminta pemerintah pusat memberi dukungan pembangunan infrastruktur menuju Kecamatan Sukasari yang terisolir akibat pembangunan waduk Jatiluhur.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan pemerintah pusat perlu memberikan perhatian kepada warga di sana karena mereka menjadi korban pembangunan Jatiluhur yang bermanfaat untuk kepentingan nasional.

Menurutnya, pemda setempat bersama TNI sudah mulai membuka keterisolasian warga di tiga desa melalui pengerasan jalan sepanjang 20 km dengan empat jembatan. Dedi berharap pemerintah pusat memberi dukungan untuk membangun sisanya sepanjang 27 km.

“Kami akan buka area hutan untuk jalannya, nanti pemerintah pusat yang bangun jalannya,” katanya, Selasa (17/3/2015).

Sejauh ini, pemda telah mengalokasikan dana mencapai Rp100 miliar. Menurut Dedi, total kebutuhan anggaran untuk menyelesaikan proyek ini adalah Rp250 miliar. Sisa kebutuhan anggaran diharapkan dapat diperoleh melalui penyaluran DAK pemerintah pusat.

Menurut Dedi, pemerintah pusat melalui kementerian PUPR telah memberikan tanggapan positif untuk menyalurkan DAK tersebut pada 2016.

“Mereka kan sudah berkorban untuk kepentingan nasional. Tidak bisa semua bebannya diserahkan kepada pemerintah daerah,” katanya.

Tag :
Editor : Bambang Supriyanto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top