Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SNMPTN 2015: Ini Jurusan Paling Diminati di UGM

Direktur Akademik Universitas Gadjah Mada (UGM) Sri Peni Wastutiningsih merilis data jumlah pendaftar lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2015 hingga penutupan pendaftaran pada 15 Maret 2015.
Tes SNMPTN/Antara
Tes SNMPTN/Antara

Kabar24.com, JAKARTA— Direktur Akademik Universitas Gadjah Mada (UGM) Sri Peni Wastutiningsih merilis data jumlah pendaftar lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2015 hingga penutupan pendaftaran pada 15 Maret 2015.

Jumlah pendaftar tahun ini mencapai 66.748 orang. Rinciannya, 42.436 pendaftar memilih UGM sebagai pilihan pertama dan 24.312 memilih kampus ini sebagai pilihan kedua.

"Naik empat ribuan. Tahun lalu hanya 61.944 pendaftar," kata Peni, Senin (16/3/2015).

Jumlah pendaftar itu lumayan besar bila dibandingkan kuota kursi mahasiswa baru di UGM untuk pendaftar SNMPTN. UGM hanya menyediakan 3.381 kursi pada 66 program studi.

"Jumlahnya sekitar separuh dari kuota mahasiswa baru yang akan diterima UGM tahun ini dari semua jalur seleksi," kata Peni.

Peni menjelaskan di antara jurusan dengan jumlah pemilih terbanyak untuk kategori IPS adalah manajemen yang dipilih oleh 5.401 pendaftar. Persaingan perebutan kursi lewat SNMPTN di jurusan ini akan ketat, karena hanya menyediakan daya tampung sebanyak 60 kursi. Artinya, satu pendaftar harus bersaingan dengan 90 peminat jurusan manajemen UGM lainnya.

Psikologi

Jurusan lain di kategori IPS yang menarik minat pendaftar UGM paling banyak ialah psikologi yang dipilih oleh 5.071 pendaftar dan hanya menawarkan kuota kursi mahasiswa baru sebanyak 100.

Sementara, akuntansi dipilih oleh 4.702 pendaftar dengan kuota 75 kursi. Ilmu hukum, yang menyediakan 175 kursi bagi pendaftar SNMPTN, diminati oleh 4.607 pendaftar.

Sedangkan di bidang IPA, jurusan paling favorit di UGM ialah farmasi. Jurusan ini dipilih oleh 5.164 pendaftar dan kuota kursinya hanya 120.

Adapun pendidikan dokter, yang menyediakan kuota 88 kursi, diminati oleh 3.021 pendaftar. Sedangkan, jurusan teknologi informasi dipilih oleh 2.830 pendaftar yang berebut kuota 50 kursi. Sementara di jurusan teknik sipil, kuota 83 kursi dipilih oleh 2.693 pendaftar.

Verifikasi

Peni mengingatkan tahap selanjutnya, setelah proses verifikasi data pendaftar SNMPTN selesai, adalah pengisian nomor ujian nasional (NUN) pada sistem borang pendaftaran.

Siswa yang telah menerima NUN dari Kemendikbud, diminta segera melakukan login kembali ke laman Panitia SNMPTN?untuk pengisian data itu.

"Setelah itu, baru bisa mencetak kartu tanda peserta SNMPTN. Jadwal pengisian pada 14 sampai 28 April 2015," katanya.

Ketua Umum Panitia Pusat SNMPTN 2015 Rokhmat Wahab mengaku puas dengan peningkatan jumlah pendaftar seleksi masuk kampus negeri dari jalur prestasi ini dibanding tahun kemarin. Ada 852.093 siswa dari 15.317 sekolah yang berminat mendaftar SNMPTN.

"Sesuai target, naik 9,5 persen dari tahun lalu. Pendaftar dari Indonesia Timur juga meningkat signifikan," kata Rokhmat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper