PENJARA TERMEWAH: Hanya 1 Penanda Gedung Ini Penjara

Penjara atau Lembaga Pemasyarakatan (LP) Halden di Norwegia menjadi penjara termewah dan paling manusiawi di dunia.
Nancy Junita | 17 Maret 2015 05:56 WIB
Fasilitas pemeriksaan gigi di LP Halden, Norwegia - News.com.au

Kabar24.com, JAKARTA— Penjara atau Lembaga Pemasyarakatan (LP) Halden di Norwegia menjadi penjara termewah dan paling manusiawi di dunia.

Penjara ini dilengkapi berbagai fasilitas yang tak dapat ditemukan di rumah tinggal pada umumnya, oleh karena itu penjara ini disebut-sebut lebih nyaman dari rumah tinggal.

Betapa tidak, setiap sel di penjara ini dilengkapi kulkas mini, TV layar datar, kamar mandi, jendela untuk cahaya matahari. Bahkan di antara jendela itu ada yang tanpa teralis. Bahkan, ada klinik untuk kesehatan gigi dan mulut.

Arsitek LP Halden, Hans Henrik Hoilund, mengatakan dia ingin LP Halden seperti dunia di luar penjara (bukan penjara), dan sama sekali tak terlihat sebagai penjara pada umumnya.

“Eksterior penjara terbuat dari batu bata, baja galvanis, dan larch. Bangunan terlihat seperti muncul dari hutan,” kata Hans.

“Hanya satu simbol yang memperlihatkan bangunan ini adalah penjara, yaitu beton setinggi enam meter untuk keamanan. Namun, beton itu ditutupi pohon,” ujarnya lagi.

Pihak otoritas penjara mengklaim lingkungan LP Halden adalah lingkungan yang menarik, dan mengurangi narapidana melakukan tindak kriminal. Padahal, di penjara ini ditahan penjahat berbahaya di Norwegia.

Sumber : News.com.au

Tag : penjara
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top