Menghilang dari Publik, Putin Akhirnya Muncul untuk Tepis Gosip

Presiden Rusia Vladimir Putin, ketika muncul di muka umum pada Senin (16/3/2015) setelah menghilang dari publik selama 10 hari, menepis gosip soal kesehatan dan keberadaannya.
Newswire | 17 Maret 2015 07:22 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin - Reuters

Kabar24.com, SAINT PETERSBURG- Presiden Rusia Vladimir Putin, ketika muncul di muka umum pada Senin (16/3/2015) setelah menghilang dari publik selama 10 hari, menepis gosip berhari-hari soal kesehatan dan keberadaannya.

"Kita akan bosan kalau tidak ada gosip," kata Putin dalam pertemuan dengan Presiden Kirgizstan Almazbek Atambayev di Istana Konstantinov mewah, yang berada tak jauh di luar Saint Petersburg.

Atambayev mengatakan, sang tuan rumah Rusianya itu menyupirinya mengelilingi istana sebelum pertemuan--upaya yang jelas untuk menepis semua spekulasi bahwa Putin sakit.

"Mereka bermimpi," kata Ambayev, tersenyum.

Pertemuan dengan Atambayev dijadwalkan dimulai pada siang namun sejumlah pihak merasa heran bahwa Putin, yang dikenal kerap terlambat, muncul dua jam kemudian.

Putin, 62, terakhir kali terlihat di depan umum adalah pada 5 Maret lalu, yaitu saat berlangsungnya jumpa pers dengan Perdana Menteri Italia Matteo Renzi.

Pekan lalu, Putin membatalkan sejumlah jadwal, termasuk rencana kunjungan ke negara Asia Tengah, Kazakhstan, serta penandatanganan perjanjian persekutuan dengan wilayah yang memisahkan diri, Ossetia Selatan.

Ketidakhadirannya yang tidak biasa di depan umum itu membuat dunia Internet ramai dengan gosip-gosip bahwa dia sakit, meninggal, terguling dalam kudeta istana atau baru punya anak lagi.

Juru bicaranya, Dmitry Peskov, terpaksa harus menangkis begitu banyak pertanyaan soal gosip-gosip tersebut, yang disebutnya sebagai "kegilaan bulan Maret".

Peskov pada Senin mengatakan bahwa Putin menyetir membawa tamunya mengelilingi istana selama 15 menit.

"Jadi sekarang semua orang sudah melihat presiden lumpuh ditangkap oleh seorang jenderal yang baru saja kembali dari Swiss, tempat dia baru melahirkan seorang bayi?" tanyanya dengan nada mencemooh.

Dia mengatakan kedua pemimpin tersebut sedang melakukan pertemuan di dekat Saint Petersburg karena puteri Atambayev sedang menimba ilmu di kota itu.

"Kita tidak perlu berbicara tentang hal ini lagi. Semuanya dalam keadaan baik," tambahnya dikutip AFP. (Antara)

Sumber : Antara

Tag : vladimir putin
Editor : Andhina Wulandari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top