Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Golkar Kubu Ical: Yasonna Bertindak Terlalu Jauh

Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie, Senin (16/3/2015) malam, menggelar pertemuan dengan seluruh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar bertempat di kediaman pribadinya dan menghasilkan beberapa keputusan.
Menkumham Yasonna H. Laoly/Antara
Menkumham Yasonna H. Laoly/Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie, Senin (16/3/2015) malam, menggelar pertemuan dengan seluruh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar bertempat di kediaman pribadinya dan menghasilkan beberapa keputusan.

Kubu Ical berkumpul untuk menyikapi putusan Menkumham Yasonna Laoly yang mengakui kepemimpinan Agung Laksono.

Sekretaris Fraksi Partai Golkar DPR, Bambang Soesatyo mengatakan pertemuan tersebut dihadiri oleh 32 dari 34 DPD I seluruh Indonesia.

Pertemuan yang berlangsung sejak pukul 19.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 22.30 WIB itu menghasilkan beberapa keputusan dan kesepakatan.  

Menurut Bambang, selain menyatakan soliditas DPD I dan DPD II se-Indonesia untuk menolak Munas Ancol dan hanya mengakui Munas Bali, mereka menilai Menkumham telah bertindak terlalu jauh mengacak-ngacak internal partai Golkar.

Menkumhan dinilai telah memanipulasi keputusan Mahkamah Partai Golkar yang sebenarnya tidak memenangkan satu pihak manapun.

“Ketiga, DPD I dan II akan menolak dan melakukan perlawanan terhadap pelaksana tugas (plt) dari pihak kubu Ancol yang akan menduduki kantor DPD I dan DPD II sampai ada keputusan yang berkekuatan hukum tetap,” ujarnya, Selasa (17/3/2015).

Sedangkan kesepakatan lainnya adalah bahwa Menkumham harus ikut bertanggung jawab jika terjadi konflik horizontal yang menimbulkan korban jiwa di tingkat bawah, terutama dalam perebutan kantor-kantor DPD di berbagai daerah.

Menurut Bambang, para kader daerah itu juga mendesak Fraksi Partai Golkar di DPR untuk menggunakan hak konstitusional bersama-sama dengan anggota fraksi Koalisi Merah Putih (KMP) dan Fraksi Partai Demokrat berupa penggunaan Hak Angket.

“Hak Angket ini penting untuk dapat mengungkap apa sesungguhnya yang terjadi di balik sikap Menkumham yang mengacak-ngacak PPP dan Partai Golkar tanpa sepengetahuan presiden,” ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper