Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ketiga Anak Jokowi Melawan? Presiden Curhat, Putranya Tolak Lanjutkan Usaha

Ketiga putra Presiden Joko Widodo Gibran Rakabuming Raka, Kahyang Ayu dan Kaesang Pangarep menolak untuk melanjutkan usaha pabrik mebel.
Presiden Joko Widodo/Antara
Presiden Joko Widodo/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Ketiga putra Presiden Joko Widodo Gibran Rakabuming Raka, Kahyang Ayu dan Kaesang Pangarep menolak untuk melanjutkan usaha pabrik mebel yang sudah lama digeluti ketika sebelum menjadi pejabat negara.

Menurut Jokowi, anak muda sekarang lebih suka usaha ekonomi kreatif berbasis informasi teknologi seperti animasi game. Bidang usaha ekonomi kreatif seperti ini, sambung Jokowi, diyakini akan berkembang pesat di masa depan.  

Di Indonesia sudah mulai bermunculan usaha berbasis IT yang cukup sukses seperti Tokobagus dan Kaskus. Di jagat raya dikenal juga Alibaba yang untungnya bisa mencapai Rp80 triliun per tahun.

"Anak saya, saya suruh pegang pabrik mebel sudah enggak mau karena mempunyai keinginan yang lain, yang saya lihat di animasi game dan memang ekonomi kreatif seperti itu ke depan sangat menjanjikan sekali," katanya dalam pidato Gerakan Kewirausahaan Nasional 2015 di JCC, Kamis (12/3/2015). 

Wirausaha muda yang dilahirkan kerjasama Bank Mandiri dan Kementerian Koperasi dan UMKM telah menciptakan banyak lapangan kerja. Presiden mengapresiasi hal tersebut karena menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean harus bersaing dalam memenangkan pasar dalam negeri.

"Negara kita sangat besar, pasar dan peluang besar, orang luar melihat kita pasar yang harus diserang dan diduduki. Saya sampaikan jangan mau pasar kita diduduki oleh para entrepreneur dari negara lain, kuasailah terlebih dahulu," kata Presiden.

Generasi muda sekarang lebih inovatif dan pintar memanfaatkan peluang terlihat dari beragam jenis usaha. Ada animasi, online store, pembangkit listrik tenaga arus laut, yang merupakan hal-hal di luar pikiran orang jadul.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper