Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

7 Agama Ini Punah dari Muka Bumi

Modernisasi mampu memengaruhi tradisi, adat, bahkan kepercayaan yang telah dipegang teguh sebelumnya. Akibatnya, keberadaan tujuh agama di dunia ini pun punah ditelan modernisasi zaman.
Sumeria/boardmeguru.co.uk
Sumeria/boardmeguru.co.uk

Kabar24.com, JAKARTA— Modernisasi mampu memengaruhi tradisi, adat, bahkan kepercayaan yang telah dipegang teguh sebelumnya. Akibatnya, keberadaan tujuh agama di dunia ini pun punah ditelan modernisasi zaman.

Seperti dilansir Boldsky, Senin (9/3/2015), tujuh agama yang punah akibat ditelan waktu. Agama-agama tersebut punah lantaran adat dan tradisinya sudah tidak dijalankan lagi. Hal itu membuat pengikut agama-agama itu terus berkurang dan habis.

Selain modernisasi kepunahan agama juga bisa dipengaruhi bencana alam, invasi, perang, konversi massal, serta penggabungan ke agama yang baru. Beberapa agama juga berimprovisasi dan menyesuaikan dengan perubahan zaman seperti Hindu.

Sementara beberapa agama lain yang benar-benar tua telah punah. Berikut ini tujuh agama yang telah punah itu:

1. Sumeria
Sumeria merupakan agama yang pengikutnya menyembah kepada alam. Sumeria merupakan salah satu agama tertua.

2. Yunani
Agama Yunani hilang 475 Sebelum Masehi berbarengan dengan hancurnya penguasa Bizantium yang dipimpin oleh Zeus. Praktik pemujaan agama Yunani cukup terkenal.

3. Rumva
Agama Rumva merupakan agama kuat terakhir di Eropa. Agama itu berasal dari Lithuania, dan hancur pada 1387 oleh Teutonic saat perang salib Livonian.

4. Mithraisme
Agama ini punah pada abad V Masehi dan cukup populer di Mediteranian. Mithraisme mengajarkan keselamatan dalam pengabdian.

5. Maniceisme
Maniceisme merupakan agama kenabian pertama. Nabi Mani merupakan nabi yang membawa agama itu pada 200 Sebelum Masehi. Agama ini memiliki banyak kuil di Suriah, Mesir dan Asia Tengah. Maniceisme menghilang pada abad XIII dan tidak pernah diketahui alasannya.

6. Mesoamerika
Agama Mesoamerika dianut oleh Suku Aztec di sekitar Sungai Mississipi, Amerika. Agama ini hancur karena bencana alam.

7. Din E Ilahi
Agama Din E Ilahi dimulai oleh Kaisar Mughal Akbar pada 1582 Masehi di India. Agama ini menggabungkan semua elemen kebaikan dari beberapa agama. Agama ini lantas menghilang seiring dengan kematian kaisarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ahmad Baihaqi
Editor : Nancy Junita
Sumber : Solopos.com

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper