Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

EKONOMI KORSEL: Inflasi Negeri Gingseng Terendah Sejak 1990

Pemerintah Korea Selatan (Korsel) melaporkan inflasi negara itu kembali menyentuh level terlemahnya dalam 15 tahun terakhir terdampak penurunan harga impor energi dan lesunya permintaan domestik.
Dara Aziliya
Dara Aziliya - Bisnis.com 03 Maret 2015  |  13:30 WIB
EKONOMI KORSEL: Inflasi Negeri Gingseng Terendah Sejak 1990
Inflasi yang rendah mencuatkan ekspektasi pemangkasan suku bunga. - Bisnis.com

Korsel.com, SEOUL - Pemerintah Korea Selatan (Korsel) melaporkan inflasi negara itu kembali menyentuh level terlemahnya dalam 15 tahun terakhir terdampak penurunan harga impor energi dan lesunya permintaan domestik.

Kantor Statistik Korsel melaporkan indeks harga konsumen naik 0,5% (year-on-year) pada Februari lalu, tingkat yang sama dengan bulan sebelumnya namun lebih rendah dari estimasi ekonom yang disurvei Bloomberg, yaitu kenaikan 0,7%.

Kalangan ekonom menilai stagnasi inflasi di level rendah ini akan menekan Bank of Korea (BoK) untuk memangkas suku bunga acuan. Apalagi, data juga menunjukkan output industri dan ekspor jatuh signifikan.

"Inflasi yang rendah mencuatkan ekspektasi pemangkasan suku bunga. Gubernur BoK Lee Ju Yeol menyampaikan dia akan memangkas suku bunga jika situasi ekonomi tidak sesuai ekspektasi," kata analis Samsung Futures Inc, Jeon Seung di Seoul, Selasa (3/3/2015).

Konsensus ekonom yang digalang Bloomberg memprediksi bank sentral Korsel akan memangkas suku bunga 25 basis poin menjadi 1,75% pada kuartal kedua tahun ini. Adapun, pertemuan bank sentral terdekat akan djlaksanakan 12 Maret mendatang. []

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Inflasi Ekonomi Korsel

Sumber : Bloomberg

Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top