Yunani Dapat Peroleh Sisa Bailout Lebih Cepat

Yunani dapat memperoleh sisa bailout internasionalnya lebih cepat, menghindarkan pemerintah Alexis Tsipars dari kekurangan uang tunai karena harus membayar kewajibannya di bulan ini.
Yudi Supriyanto | 02 Maret 2015 19:20 WIB
Athena akan berjuang untuk membayar utangnya. - Bisnis.com

Kabar24.com, ATHENA—Yunani dapat memperoleh sisa bailout internasionalnya lebih cepat, menghindarkan pemerintah Alexis Tsipars dari kekurangan uang tunai karena harus membayar kewajibannya di bulan ini.

Kepala Menteri Keuangan Zona Euro (Eurogroup) Jeroen Dijsselbloem mengatakan kreditur internasional Yunani dapat membayar sisa bailout sebesar 7,2 miliar euro jika Athena mulai mengadopsi reformasi ekonomi yang diinginkan.

“Pesan saya kepada Yunani adalah coba mulai menjalankan program meskipun renegosiasi belum selesai,” kata pria yang juga menjabat sebagai Menteri Keuangan Belanda, kepada Financial Times.

Dia menambahkan dalam kesepakatan itu ada elemen yang dapat mulai dilakukan oleh Yunani saat ini. Jika Negeri Para Dewa itu melakukannya, di Maret ini, mungkin aka nada pencairan pertama. Namun, hal itu membutuhkan kemajuan dan bukan hanya niat.

Dana yang dicairkan itu nantinya dapat digunakan untuk menutup keringnya pasar obligasi dan pendapatan pajak yang menurun tajam. Athena diperkirakan akan kehabisan uang tunai pada pertengahan atau akhir Maret.

Menghadapi kemungkinan kekurangan uang tunai, Menteri Keuangan Yunani Yanis Varoufakis mengatakan Athena akan berjuang untuk membayar utangnya, dimulai dengan melunasi pinjaman kepada Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) 1,5 miliar euro yang jatuh tempo pada bulan ini. []

Tag : internasional
Editor : Fatkhul Maskur

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top