Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Budi Gunawan Batal Dilantik, Ini Reaksi Megawati

Ketua DPP dan Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan, Bambang Wuryanto, mengatakan ketua umumnya, Megawati Soekarnoputri, tak bereaksi apa pun setelah bekas ajudannya, Komisaris Jenderal Budi Gunawan, batal dilantik menjadi Kepala Kepolisian RI.
Megawati Soekarnoputri
Megawati Soekarnoputri

Bisnis.com, JAKARTA--Ketua DPP dan Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan, Bambang Wuryanto, mengatakan ketua umumnya, Megawati Soekarnoputri, tak bereaksi apa pun setelah bekas ajudannya, Komisaris Jenderal Budi Gunawan, batal dilantik menjadi Kepala Kepolisian RI.

Beberapa hari setelah Presiden Joko Widodo mengajukan calon pengganti Budi Gunawan, Bambang bertamu ke kediaman Megawati di Teuku Umar, Menteng. Menurut Bambang, putri proklamator itu tak sekali pun menyinggung soal batalnya pelantikan Budi Gunawan.

"Bu Mega juga tak mengeluarkan instruksi apa pun soal pembatalan pelantikan Budi Gunawan," ujar Bambang saat dihubungi pada Ahad (22/2/2015).

Bambang enggan menjawab bagaimana ekspresi Megawati sesaat setelah Jokowi membatalkan calon Kapolri yang disodorkan partainya itu. "Kekecewaan hati seseorang itu tergantung persepsi kita," ucapnya.

Menurut dia, dalam senyum seseorang, kadang ada perasaan sedih yang tersembunyi. Begitu juga sebaliknya. "Dalamnya laut bisa diukur, dalamnya hati siapa tahu," tutur Bambang mengumpamakan.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan pencalonan Budi Gunawan telah menimbulkan perbedaan di masyarakat. Maka, ujar Jokowi, untuk menciptakan ketenangan dan kebutuhan Polri untuk segera dipimpin Kapolri definitif, Istana mengusulkan calon baru.

"Kami usulkan Wakapolri Komisaris Jenderal Badrodin Haiti sebagai penggantinya," tutur Jokowi. Jokowi berharap, seusai reses nanti, DPR memberikan persetujuannya agar Badrodin bisa menjadi Kapolri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper