Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KIAT BISNIS RATNAWATY WISARTA: Ketulusan 'Seorang Kuli'

Ratna menyatakan kunci sukses dalam berbisnis tour and travel adalah mengedepankan ketulusan.
Ratnawaty Wisarta. / Dokumen pribadi Ratnawaty
Ratnawaty Wisarta. / Dokumen pribadi Ratnawaty

Berawal dari hobi berwisata, Ratnawaty Wisarta dan suami Wandy Lesmana mengawali usaha bisnis wisata dengan mengibarkan bendera PT Transet Usaha Mandiri pada 2012. Besarnya keinginan khalayak untuk berlibur tetapi tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam mampu membuat bisnis yang ditekuninya berkembang pesat.

Selain itu, kerja kerasnya membuatnya mendapatkan anugerah sebagai wanita yang dianggap menginspirasi versi Kementerian Pemberdayaan Perempuan, pada 2014.

“Saya punya anak 3, jadi untuk travelling saya pasti butuh banyak uang. Kemudian saya mulai berpikir bagaimana uang yang saya keluarkan menjadi sumber masukan baru, karena setelah dipikir jika liburan hanya dapat senang dan uang berjuta-juta melayang, sakitnya tuh di sini” ujar Ratna sembari mengutip lirik lagu dangdut dengan tertawa.

Awal mendirikan panji-panji bisnis PT TNETS, kredibilitas Ratnawaty sempat diragukan khalayak. Hal tersebut karena pada awalnya, perusahaan yang didirikannya itu mempromosikan program unggulan wisata ke Beijing, China dengan biaya US$98 per orang atau kurang dari Rp1 juta, dengan fasilitas wisata berbintang.

Berkat perhitungan jitu dari manajemen dan upaya menjaga kepercayaan konsumen, lambat laut PT TNETS mendapat banyak pelanggan yang ingin dilayani kebutuhannya untuk berwisata. Tidak mengherankan jika perusahaan Ratnawaty berhasil melebarkan jaringan online-nya di 50 kota di seluruh Indonesia.  

Tidak hanya berhenti mendapatkan penghargaan sebagai wanita yang menginspirasi. Perusahaan yang dikendalikannya telah mendapatkan 20 penghargaan, salah satunya adalah The Choice Traveller of The Year dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi, pada 6 Februari lalu. “Penghargaan menjadi tolak ukur saya untuk terus berkarya. Saya juga akan mulai memberikan penghargaan-penghargaan kepada tim saya yang telah bersama-sama berjuang menjadikan TNETS sebuah fenomenal trendsetter di dunia tour and travel,” ujar Ratna.

Ratna menyatakan kunci sukses dalam berbisnis tour and travel adalah mengedepankan ketulusan. Sikap ini ditunjukan tidak hanya saat menghadapi konsumen tetapi juga turut berbangga saat mitra kerjanya turut menuai kesuksesan dalam bisnis yang sama. Tidak cukup hanya ketulusan, kunci suksesnya yang lain adalah kerja keras.

 

Masa-Masa Sulit

Terlahir sebagai anak ke-2 dari empat bersaudara dari keluarga pengusaha, Ratnawaty mengalami masa-masa saat ayahnya memboyong seluruh keluarga untuk pindah dari Medan ke Jakarta, dan memulai membangun bisnis baru.

Ayahnya mulai mebangun pabrik yang memproduksi assembling lampu motor dan mobil. Kerja keras kedua orang tuanya menjadi panutan Ratnawaty. Dalam menjalani kehidupan, dia selalu mengingat pesan kedua orang tuanya bahwa sebagai perempuan harus dapat mandiri, dan tidak bergantung kepada suami.

Sebelum terjun pada bisnis wisata, Ratnawaty sempat bekerja di salah satu media televisi swasta di Jakarta, yang kemudian keluar ketika menikah. Meskipun menjadi ibu rumah tangga, peluang untuk berbisnis tetap dijalaninya. Bisnis pertama yang dilakukan adalah membuka toko yang menjual pernak pernik tokoh-tokoh kartun Disney di salah satu pusat perbelanjaan di Ibu Kota.

Setelah mendirikan PT TNETS, fokusnya lebih besar di sektor wisata. Dia mengatakan dalam berbisnis seorang pemilik dan pendiri tidak boleh puas berada di menara gading. Namun demikian, harus turun ke bawah dan memantau detail pelayanan yang diberikan kepada pelanggan. “Jadi, saya itu ya kuli di TNETS. Saya sering ikut pelanggan travelling, dan membawakan tasnya ibu menteri,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Setyardi Widodo
Sumber : Bisnis Indonesia Week End edisi 13/2/2015

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper