Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aceh Diminta Dorong Jalur Penerbangan Langsung

Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh berharap Pemprov Aceh mendorong pembukaan lebih banyak jalur penerbangan langsung dari dan ke beberapa negara. Adapun, usaha tersebut dinilai dapat meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Aceh.
Ilustrasi
Ilustrasi

Kabar24.com,  BANDA ACEH--Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh berharap Pemprov Aceh mendorong pembukaan lebih banyak jalur penerbangan langsung dari dan ke beberapa negara. Adapun, usaha tersebut dinilai dapat meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Aceh.

Kepala BPS Aceh Hermanto menyebutkan, setelah sempat menurun pada November, pada bulan lalu kunjungan wisman ke Aceh melonjak 46,5%. Kendati begitu, dia mengatakan peningkatan kunjungan tersebut hanya sulit untuk dipertahankan jika tidak ada upaya membuka jalur penerbangan langsung mancanegara lainnya.

"Selama ini wisman asal Malaysia mendominasi kunjungan ke Aceh. Pada bulan lalu saja ada 2.757 orang. Semua karena Malaysia menuju Aceh ada penerbangan langsung, sementara wisman lainnya harus transit," ucap Hermanto, Senin (2/2/2015).

Adapun, BPS Aceh mencatat selain Malaysia, wisman lainnya berasal dari Singapura 122 orang, Amerika Serikat 41 orang, Jerman 38 orang, dan Prancis 36 orang. Total kunjungan wisman pada Desember 2014 yakni 3.330 orang.

"Tidak perlu yang jauh-jauh. Banda Aceh-Singapura dulu. Nanti kunjungan wisman pasti meningkat signifikan," pungkas Hermanto.

Total kunjungan wisman ke Aceh sepanjang tahun lalu yakni 26.117 orang. Wisman asal Malaysia mendominasi yakni 18.893 orang, diikuti Jerman 1.382 orang, Singapura 532 orang, Australia 489 orang dan Amerika Serikat 462 orang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper