Pemkot Semarang Guyur Rp50 Miliar Tuntaskan Banjir & Rob

Pemerintah Kota Semarang mengalokasikan dana senilai Rp50 miliar guna menyelesaikan persoalan banjir dan rob di Kawasan Semarang Timur.
Oktaviano DB Hana | 02 Februari 2015 13:15 WIB
Banjir juga sempat menggenangi Stasiun Tawang, Semarang - bisnis.com
Bisnis.com,  SEMARANG – Pemerintah Kota Semarang mengalokasikan dana senilai Rp50 miliar guna menyelesaikan persoalan banjir dan rob di Kawasan Semarang Timur.
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan wilayah Semarang Timur khususnya Mlatibaru menjadi langganan banjir dan rob. Namun, lanjutnya, pada tahun ini pemkot bertekad menyelesaikan persoalan rob dan banjir di kawasan Kawasan Semarang Timur dan sekitarnya.
Oleh karena itu, Pemkot Semarang telah menganggarkan dana sebesar Rp50 miliar untuk penyelesaian sistem Banger.
"Ini akan dilelangkan dan harapannya selesai akhir tahun," jelasnya, seperti dikutip dari laman resmi pemkot, Senin (2/2/2015).
Pengembangan sistem tersebut akan meliputi sejumlah komponen, di antaranya penutupan Kali Banger dan pembangunan polder di sekitar muara sehingga air laut tidak akan masuk melewati Kali Banger.
Kendati begitu, Hendrar juga menegaskan pentingnya kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah guna mengimbangi pembangunan yang dilaksanakan pemerintah. Persoalan dinilai tidak akan tuntas tanpa kepedulian masyarakat terhadap problem sampah.
"Untuk itu pastikan saluran, got, dan selokan bersih dari sampah. Dimulai dari lingkungan sendiri yang kemudian dikoordinasikan secara bersama-sama dengan RT dan RW," tegasnya. 

Di samping itu, Hendrar juga mengingatkan pemeliharaan lingkungan juga penting agar warga juga bisa waspada terhadap wabah penyakit berbahaya seperti demam berdarah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
banjir, semarang, banjir rob

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top