Jokowi & DPR Sepakat Smelter Freeport Dibangun di Papua

Presiden Joko Widodo dan pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat sepakat mengenai lokasi pembangunan pabrik pengolahan dan pemurnian milik PT Freeport Indonesia berada di tanah Papua.
Akhirul Anwar | 02 Februari 2015 18:35 WIB
Lokasi penambangan Freeport - Ilustrasi/bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo dan pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat sepakat mengenai lokasi pembangunan pabrik pengolahan dan pemurnian milik PT Freeport Indonesia berada di tanah Papua.

Ketua DPR Setya Novanto seusai bertemu Presiden Jokowi di Istana Kepresiden mengatakan perusahaan tambang milik Amerika Serikat tersebut merupakan hal yang strategis untuk kehidupan bangsa khususnya bagi rakyat Papua.

"Apa yang dilakukan perpanjang [kontrak] ini memang menyalahi aturan yang ada. Maka kita sudah sampaikan, dan tentu ini akan diperbaiki. Adapun, yang berkaitan dengan smelter itu memang presiden menyarankannya di Papua," katanya, Senin (2/2/2015).

Saran presiden itu, lanjut Setya, persis dengan apa yang diusulkan oleh pimpinan DPR kepada presiden. DPR menilai pembangunan smelter di Papua dapat lebih bermanfaat dalam memberi kontribusi terhadap daerah.

PT Freeport Indonesia sebelumnya telah menandatangani nota kesepahaman dengan Petrokimia Gresik untuk membangun smelter dengan sistem sewa lahan. Namun, rencana itu mendapat penolakan dari Gubernur Papua.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jokowi, dpr, Freeport

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top