Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

India Naikkan Belanja Infrastruktur

Pemerintah India menyatakan akan meningkatkan belanja infrastruktur negara itu, yang diyakini memiliki daya dorong tinggi terhadap pertumbuhan negara.

Kabar24.com, NEW DELHI – Pemerintah India menyatakan akan meningkatkan belanja infrastruktur negara itu, yang diyakini memiliki daya dorong tinggi terhadap pertumbuhan negara.

“Pemerintah mengestimasi akan membelanjakan US$800 miliar untuk proyek-proyek infrastruktur sepanjang tahun fiskal ini,” ungkap Menteri Keuangan Arun Jaitley di New Delhi, Senin (19/1).

Pemerintah India mengaku akan melakukan segala upaya untuk mendorong pertumbuhan, termasuk berkomitmen mempersempit defisit fiskal hingga  4,1%.  Adapun, Jaitley akan mengumumkan rencana anggaran tahun fiskal ini pada Februari mendatang.

Merujuk pada penurunan inflasi akibat perlemahan harga minyak dunia, Gubernur Reseve Bank of India (RBI) Raghuram Rajan pekan lalu memangkas suku bunga ke level 7,75% dari sebelumnya 8%.

Pemangkasan suku bunga diharapkan menggenjot belanja domestik yang menyumbang 60% produk domestik bruto (PDB)

Setelah memangkas suku bunga, secara eksplisit Rajan meminta pemerintah untuk menyelesaikan sejumlah pekerjaan rumah seperti melakukan konsolidasi fiskal,memaksimalkan penerimaan negara melalui pajak, dan menciptakan iklim bisnis kondusif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dara Aziliya
Editor : Rustam Agus
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper