Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BEASISWA S1: Chevron Buka Pendaftaran Darmasiswa 2015 Bagi Siswa Riau

PT Chevron Pacific Indonesia kembali membuka peluang siswa-siswi SMA atau sederajat dari 12 kabupaten/kota di Riau untuk mendapatkan beasiswa pendidikan dalam program Darmasiswa Chevron Riau (DCR).
Ilustrasi/bisnis.com
Ilustrasi/bisnis.com

Bisnis.com, PEKANBARU-- PT Chevron Pacific Indonesia kembali membuka peluang siswa-siswi SMA atau sederajat dari 12 kabupaten/kota di Riau untuk mendapatkan beasiswa pendidikan dalam program Darmasiswa Chevron Riau (DCR). 

Pada tahun ini, Chevron akan memberikan bantuan dana pendidikan kepada seratus siswa siswi terbaik di Riau.   Sejak program di mulai pada 2001, DCR sampai saat ini telah merangkul 846 anak bangsa.

“Lebih dari 500 penerima darmasiswa telah lulus dari perguruan tinggi dan memberikan kontribusi nyata bagi daerah dan bangsa. Di antara mereka ada yang bekerja sebagai dokter, pegawai negeri, pembawa acara di stasiun televisi, dan lain-lain,” kata Deswandi Muzwar Manager Policy Government Public Affairs Specific Area, dalam keterangan tertulis (14/1). 

Darmasiswa Chevron Riau merupakan salah satu komitmen perusahaan migas itu dalam menanam investasi masa depan Indonesia melalui bidang pendidikan, dengan memberikan kesempatan kepada putra-putri Riau yang berprestasi untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang Perguruan Tinggi (S1). Sejak 2001, komitmen tersebut terus dijalankan secara konsisten hingga memasuki tahun 2015 saat ini. 

“Moment Asean Economic Community(AEC)/Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang jatuh pada tahun 2015 juga menjadi salah satu motivasi Chevron untuk terus konsisten dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Provinsi Riau, agar dapat berkompetisi di dunia internasional,” tambah Deswandi. 

Program non cost recovery ini  diperuntukkan bagi siswa-siswi SMA/MA/SMK kelas XII di kelas tiga dari 12 Kabupaten/Kota di Riau yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi. 

Sebanyak 100 orang penerima bantuan beasiswa akan mendapatkan bantuan dana pendidikan S1 selama empat tahun.  Proses seleksi awal dilaksanakan oleh guru dan kepala sekolah masing-masing bagi siswa siswi kelas XII, juara umum peringkat 1-3. Selanjutnya pada 12-23 Januari 2015,  kepala sekolah mendaftarkan calon peserta DCR secara online ke website http://www.dcr.pcr.ac.id/ atau dikirim melalui pos ke panitia DCR 2015. 

Tes tertulis berdasarkan kemampuan akademis di tingkat kabupaten/kota akan dilaksanakan  pada 7 Februari 2015. Nama seratus peserta yang lolos seleksi akan diumumkan di media cetak dan online pada 12 Februari 2015. Selanjutnya, pada tingkat Provinsi akan dilaksanakan tes akademis, psikotes, dan wawancara yang dilaksanakan pada 1-2 Maret 2015. Pengumuman rangking pemenang dan inagurasi DCR 2015 akan dilaksanakan pada 3 Maret 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper