Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ASIAN GAMES 2018 : Ahok Sebut Jakarta Tidak Sesiap Palembang

Kesiapan Jakarta dalam menyambut event olahrga terbesar di kawasan Asia, Asian Games 2018 masih kalah jauh dibandingkan Palembang yang sudah menyiapkan sejumlah venue.
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)/beritajakarta.com
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)/beritajakarta.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kesiapan Jakarta dalam menyambut event olahrga terbesar di kawasan Asia, Asian Games 2018 masih kalah jauh dibandingkan Palembang yang sudah menyiapkan sejumlah venue.

Gubernur DKI Jakarta Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama menjelaskan Gubernur Sumatra Alex Nurdin merupakan juaranya event. "[Palembang] lebih dari siap," kata Ahok di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (7/1/2015).

Ahok dan Alex bersama Komite Olimpieade Indonesia, Pengurus Olympic Council of Asia (OCA) dan Panitia Asian Games XVIII/2018 bertemu dengan Presiden Joko Widodo untuk melaporkan pelaksanaan Asian Games tiga tahun lagi.

Mendengar pujian Ahok tersut, Alex justru merendah bahwa kesiapan Jakarta lebih bagus. Tetapi sebenarnya Palembang sudah siap karena Jakabaring sudah ada enam sampai tujuh venue yang siap digunakan untuk pertandingan.

"Sudah dibuktikan pada saat pelaksanaan Sea Games jadi sudah siap sekarang, tidak nunggu 2018. Kalau dua tiga tahun lagi lebih siap lagi," jelasnya.

Sementara Jakarta sendiri harus melakukan sejumlah kesiapan infrastruktur. Pemprov DKI Jakarta sedang menyiapkan kampung atlet dan sarana aquatic seluas 11 hektare di Kemayoran dengan memanfaatkan apartemen yang dibangun oleh perusahaan BUMD.

Nantinya apartemen itu hanya dipakai atlet dengan sistem pinjam kurang lebih tiga minggu sampai satu bulan saja, selanjutnya perusahaan pemilik apartemen menjual kepada publik.

"Dipinjamin sementara, tiga minggu sampai sebulan kepada atlet ini. Habis itu mereka jual lagi, dan itu menguntungkan bagi swasta karena waktu menjual itu ramai," papar Ahok.

Selain kampung atlet, DKI membangun light rail dari bandara Soekarno-Hatta Tangerang melewati Waduk Pluit, Kota Tua, Ancol, Kemayoran, Sunter, Kelapa Gading sampai Bekasi dikerjasamakan dengan swasta.

"Jadi mereka bisa dapat KLB [koefisien luas bangunan] maksimum. Kita harapkan itu bisa 2017 akhir, maksimal 2018 awal kalau meleset-meleset," kata Ahok.

Kalau masih ada waktu, akan juga dibangun light tail dari Kelapa Gading, Pulogadung, waduk Ria Rio, Cempaka Putih Senen, Kebon Sirih, Gambir, Kuningan, Dukuh Atas yang akan membawa atlet ke Gelora Bung Karno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper