Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

India Bertekad Perkuat Sistem Perbankan

Pemerintah India dan otoritas moneter berkomitmen untuk memperbaiki sistem pinjaman pada bank-bank milik negara itu, demi mendorong pertumbuhan negara yang lebih kokoh sesuai ambisi Perdana Menteri Narendra Modi.

Kabar24.com, JAKARTA - Pemerintah dan otoritas moneter India berkomitmen untuk memperbaiki sistem pinjaman pada bank-bank negara demi mendorong pertumbuhan negara yang lebih kokoh sesuai ambisi Perdana Menteri Narendra Modi.

Selepas pertemuan dengan Modi dan sejumlah petinggi bank sentral di Pune, Mumbai 2-3 Januari, Menteri Keuangan Arun Jaitley mengatakan dia tidak akan membiarkan performa bank-bank negara menurun karena rekaman kredit buruk sehingga menyulitkan mendorong pertumbuhan.

“Ke depannya, tidak akan ada pembiaran kalau kredit buruk (non-performing loans/NPL) meningkat. Tapi negara akan tetap memberikan otonomi bagi bank-bank negara untuk mengelola lembaganya,” katanya Sabtu (3/1/2015).

Untuk tahap pertama, Jaitley menyatakan bahwa dia dan bank sentral akan memastikan posisi pejabat tinggi bank-bank negara diisi oleh kader perbankan terbaik negara itu, yang diyakini dapat mengimplementasikan reformasi pada sistem.

Bank sentral mencatat pinjaman bank-bank milik negara India mencapai 12,9% dari total uang muka (advanced) per September tahun lalu.

Di saat yang sama, rasio bank-bank milik swasta berada di level 4,4%.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dara Aziliya
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Bloomberg/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper