Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hipmi Riau Gandeng Smartpreneur Community Tingkatkan Kualitas UMKM

Himpunan Pengusaha Muda (Hipmi) Riau menggandeng Smartpreneur Community untuk meningkatkan kemampuan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) mengelola bisnisnya.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, PEKANBARU - Himpunan Pengusaha Muda (Hipmi) Riau menggandeng Smartpreneur Community untuk meningkatkan kemampuan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) mengelola bisnisnya.

Ricky, Ketua Smartpreneur Community Pekanbaru, mengatakan pihaknya akan memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM di Riau. Nantinya, akan dipilih lima pengusaha untuk bersaing mendapatkan modal senilai Rp2 miliar dengan 35 pelaku UMKM dari tujuh kota yang berbeda.

“Lima pelaku UMKM terbaik yang mengikuti pelatihan akan bersaing dengan 35 pengusaha lain dari Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Padang, Jambi, dan Palembang,” katanya melalui siaran pers yang diterima di Pekanbaru, Minggu (23/11/2014).

Ricky menuturkan pelatihan yang diberikan bersama Hipmi di Pekanbaru bertujuan untuk meningkatkan kualitas UMKM yang ada di Riau. Pasalnya, selama ini UMKM di Riau masih sulit berkembang, karena keterbatasan modal.

Menurutnya, pelatihan tersebut akan mengarahkan agar produk yang dihasilkan UMKM sesuai dengan kebutuhan pasar dengan kualitas terbaik. Untuk itu, diperlukan riset mengenai kebutuhan dan pangsa pasar yang dapat digarap oleh pelaku UMKM.

“Pengusaha tidak bisa lagi menghasilkan produk berdasarkan asumsi, tetapi harus berdasarkan riset dan data yang valid, sehingga mereka mampu bertahan,” ujarnya.

Ahmi Septari, Ketua BPD Hipmi Riau, mengatakan pihaknya siap memberikan bantuan modal kepada UMKM yang memiliki potensi untuk berkembang. Hal itu juga lah yang membuat Hipmi Riau menggandeng Smartpreneur Community memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM.

“Pelatihan ini membantu kami melihat UMKM yang berpotensi untuk berkembang, sehingga bantuan modal yang kami salurkan nantinya dapat tepat sasaran,” katanya.

Menurutnya, Hipmi juga akan terus melakukan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan pelaku UMKM mengelola usahanya. Cara itu juga dilakukan untuk terus mengawasi pengelolaan modal yang telah disalurkan kepada pengusaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper