Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARI KESEHATAN NASIONAL KE-50: Harus Sehat & Produktif

Hari ini 12 November 2014 diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional ke-50 dengan tema Indonesia Cinta Sehat dengan sub tema "Sehat Bangsaku Sehat Negeriku".
Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek. /ANTARA
Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek. /ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Hari ini, Rabu (12/11/2014) diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional ke-50 dengan tema Indonesia Cinta Sehat dengan sub tema "Sehat Bangsaku Sehat Negeriku".

Menteri Kesehatan Nila Moeloek menjadi inspektur upacara peringatan HKN ke-50 di Monas Jakarta. Ia mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan, memeriksakan kesehatan untuk mendeteks kemungkinan adanya gangguan kesehatan.

"Pertama jaga kesehatan kita, itu dulu dilakukan. Kita harus sehat, harus produktif," kata Nila dalam himbauan HKN ke-50 yang dikutip dari website setkab.go.id, Rabu (12/11/2014).

Pemerintah, lanjut Nila, menyambut baik dan mengapresiasi beberapa pemerintah Kabupaten/Kota serta Provinsi yang telah menyisihkan 10% anggaran pembangunannya untuk sektor kesehatan.

Implementasinya meliputi membuat peraturan daerah Kawasan Tanpa Asap Rokok, memberikan insentif bagi tenaga kesehatan dari dana APBD, membangun fasilitas pelayanan kesehatan khususnya Puskesmas di daerah daerah tertentu, serta terus menerus meningkatkan kompentensi petugas kesehatan agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat.

Dalam sambutannya, Menkes Nila menyampaikan bahwa Presiden telah mengarahkan kepada seluruh menteri unluk sungguh – sungguh melakukan perbuatan nyata bagi masyarakat rakyat dimanapun berada. Masyarakat harus merasakan keberadaan pemerintah dan pemerintah daerah dalam bentuk pelayanan yang cepat, tanggap dan transparan guna mewujudkan lndonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong sebagai ciri kepribadian bangsa.

“Saya ingin mengajak kita semua bergandengan tangan, bahu membahu dan bekeja lebih keras lagi untuk mencapai target-target pembangunan yang telah kita ketapkan,” kata Menkes.

Ia menyebutkan, agenda pembangunan kesehatan tahun 2015 – 2019 adalah mewuiudkan akses dan mutu pelayanan kesehatan yang semakin mantap. Pengertian dasarnya adalah setiap orang merdapatkan hak pelayanan kesehatan sesuai kebutuhan, di tempat pelayanan kesehatan yang terstandar, dilayani oleh tenaga kesehatan yang kompeten, menggunakan standar peayanan, dengan biaya yang terjangkau serta mendapatkan informasi yang memadai atas kebutuhan pelayanan kesehatannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper