Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KTT ASEAN 2014: Jokowi Hadapi Segudang Agenda Pertemuan di Myanmar

Presiden Joko Widodo dijadwalkan melakukan pertemuan dengan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa Ban Ki-moon dan sejumlah kepala pemerintahan disela-sela pertemuan KTT Asean di Nay Pyi Taw Myanmar.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo dijadwalkan melakukan pertemuan dengan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa Ban Ki-moon dan sejumlah kepala pemerintahan disela-sela pertemuan KTT Asean di Nay Pyi Taw Myanmar.

Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto dikutip dari website Setkab.go.id mengatakan selain bertemu dengan Sekjen PBB, Presiden juga melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri India Narendra Modi dan Perdana Menteri Selandia Baru John Key.

"Kemungkinan besar seluruhnya besok baru dilaksanakan karena hari ini agenda penuh sampai malam pukul 22.00 waktu setempat,” kata Andi, Rabu (12/11/2014).

Jokowi tiba di Myanmar pada Selasa 11 November 2014 pukul 21.00 waktu setempat untuk menghadiri KTT Asean yang berlangsung 11-12 November 2014. Sebelumnya, Presiden dan rombongan menghadiri KTT APEC di Beijing Tiongkok sejak 8 November 2014.

Saat menghadiri KTT APEC di Beijing, Jokowi yang melakukan kunjungan pertama ke luar negeri sejak dilantik menjadi Presiden harus meladeni sejumlah pertemuan bilateral. Pimpinan negara besar seperti Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Presiden Rusia Vladimir Putin dan tidak ketinggalan Presiden Tiongkok Xi Jinping ingin bertemu dengan mantan Wali Kota Solo tersebut.  

Menurut Andi, pertemuan bilateral di Myanmar akan membahas mengenai hubungan bilateral kedua belah pihak. Ini adalah kali pertama Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan para tokoh tersebut sejak dilantik pada 20 Oktober lalu.

Seperti diketahui sebagaimana Presiden Jokowi, PM Modi yang juga merupakan pemimpin baru India menuai dukungan yang luar biasa dari akar rumput di India untuk sampai ke puncak kepemimpinan.

Dalam kunjungan kerja luar negeri pertamanya ke tiga negara, Tiongkok, Myanmar, dan Australia, 8-16 Oktober, guna menghadiri rangkaian pertemuan puncak Forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC), Asean dan Asia Timur serta G20, Presiden Jokowi memang dilaporkan menerima banyak permintaan pertemuan bilateral dari para kepala pemerintahan negara sahabat.

Pada Rabu pagi (12/11) Presiden Jokowi melakukan pertemuan dengan Presiden Myanmar selaku tuan rumah KTT ke-25 Asean. Pertemuan yang dilakukan sekitar 45 menit itu dilakukan sebelum pembukaan resmi KTT ke-25 Asean. Presiden juga dijadwalkan menyapa masyarakat Indonesia di Myanmar di sela-sela kegiatannya dalam KTT ke-25 Asean.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper