Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kadin Minta Kemudahan Izin Investasi di Pekansikawan

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Riau meminta kepastian hukum dan kemudahan perizinan untuk berinvestasi dalam mengembangkan kawasan terpadu Pekansikawan.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, PEKANBARU—Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Riau meminta kepastian hukum dan kemudahan perizinan untuk berinvestasi dalam mengembangkan kawasan terpadu Pekansikawan yang terdiri dari Pekanbaru, Siak, Kampar, dan Pelalawan.

Sugeng Wiyono, Wakil Ketua Umum Bidang Infrastruktur Kadin Riau, mengatakan selama ini investasi terhambat proses perizinan yang berbeda di setiap daerah.

Padahal, investasi dari swasta diperlukan untuk mempercepat pengembangan kawasan Pekansikawan yang sedang didorong pemerintah provinsi.

“Paling tidak ada standar dalam proses perizinan untuk investasi, sehingga pemilik modal dapat segera mengembangkan industrinya di kawasan itu,” katanya di Pekanbaru, Senin (3/11/2014).

Sugeng menuturkan, Pemerintah Riau harus segera mengeluarkan landasan hukum pengembangan kawasan Pekansikawan, agar pembangunan di daerah tersebut sejalan dengan tata ruang dan pembangunan yang direncanakan masing-masing daerah.

Saat ini, pengembangan kawasan terpadu tersebut hanya berdasarkan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) yang ditandatangani oleh empat kepala daerah.

Kesepakatan tersebut melingkupi kerja sama di bidang pembangunan daerah dan masalah tata batas administrasi pemerintahan.

“Dengan landasan hukum dari pemerintah provinsi, pemilik modal pasti lebih nyaman mengisi pembangunan di Pekansikawan,” ujarnya.

Viator Butarbutar, Wakil Ketua Umum Bidang Percepatan Pembangunan Perekonomian dan Hubungan Ekonomi Internasional Kadin Riau, mengatakan pihaknya akan mendorong pengembangan Pekansikawan sebagai agenda nasional.

Dengan begitu, pemerintah daerah akan mendapatkan alokasi dana dari APBN untuk pembangunan kawasan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper