Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Listrik di Sumatra Selatan Bakal Sering Padam, Ini Penyebabnya

Kelistrikan di Sumatra Selatan masih dalam kondisi yang riskan atau kritis jika pasokan gas untuk pembangkit listrik belum dapat dipenuhi dalam jangka pendek.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, PALEMBANG - Kelistrikan di Sumatra Selatan masih dalam kondisi yang riskan atau kritis jika pasokan gas untuk pembangkit listrik belum dapat dipenuhi dalam jangka pendek.

General Manager PLN Wilayah Sumsel, Jambi dan Bengkulu. (WS2JB) Paranai Suharpan mengatakan potensi pemadaman listrik tetap ada karena harus ada tambahan pasokan gas untuk menutupi defisit di PLTG Sematang Borang yang mengalami gangguan.

"Walaupun malam ini bisa tidak padam tetapi potensi pemadaman tetap ada, karena cadangannya belum ada, artinya kalau ada kerusakan bisa saja padam," katanya, Minggu (2/11/2014).

Dia mengatakan untuk menutupi defisit sekitar 100 Megawatt(MW) akibat terganggunya PLTG Sematang Borang itu, butuh pasokan gas sebanyak 24 BBTU. Sementara, Medco, selaku pemasok gas hanya menyuplai sekitar 17,2 BBTU.

Paranai mengatakan pihaknya bersama Pemprov Sumsel berharap Medco bisa memasok kekurangan gas itu untuk membuat kelistrikan di Sumsel dalam kondisi aman.

Sekedar diketahui, pemadaman listrik berturut--turut di Kota Palembang hingga Lampung telah terjadi sejak tiga hari yang lalu. Pemadaman yang dilakukan itu dalam jangka waktu yang lama di mana bisa mencapai 8 jam -- 10 jam per hari.

Salah satu imbas dari pemadaman itu terganggunya operasional Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi untuk mengalirkan air ke 24.000 pelanggan di Kota Palembang.

Paranai mengemukakan pemadaman tersebut terpaksa dilakukan pihaknya karena selain terjadi gangguan di PLTG Sematang Borang, yang merupakan salah satu pembangkit terbesar di Sumsel, juga disebabkan adanya gangguan di jalur transmisi.

"Pada saat itu jalur transmisi antara Lahat dengan Bukit Asam [Tanjung Enim] terganggu sehingga sistem kami tidak stabil dan menyebabkan black out," ujarnya.

PLN WS2JB menyatakan untuk mencegah kondisi pemadaman hingga black out berulang maka perlu banyak pembangunan pembangkit baru.

"Langkah jangka panjangnya ya harus perbanyak pembangkit karena kalau sedikit akan susah mengatasi masalah gangguan seperti sekarang," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper