Hotel Milik Pegadaian di Makassar Diprediksi Beroperasi Medio 2015

PT Pegadaian menargetkan pengoperasian hotel yang dibangun perseroan di Makassar bisa direalisasikan pada pertengahan kuartal II/2015.
Amri Nur Rahmat | 02 November 2014 18:10 WIB
Ilustrasi - Bisnis.com

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Pegadaian menargetkan pengoperasian hotel yang dibangun perseroan di Makassar bisa direalisasikan pada pertengahan kuartal II/2015.

Direktur Bisnis I Pegadaian Harianto Widodo mengatakan pengembangan lini bisnis melalui skema optimalisasi aset tersebut diestimasi sudah bisa memberikan kontribusi terhadap struktur pendapatan perseroan pada tahun depan.

Adapun, hotel yang diberi nama Hotel Pesona itu dibangun di atas lahan milik perseroan di Makassar yang sudah tidak terpakai.

Nilai investasi yang digelontorkan PT Pegadaian dalam pembangunan hotel tersebut mencapai Rp45,7 miliar dengan klasifikasi bintang 3, terdiri dari 10 lantai dan 144 unit kamar serta fasilitas penunjang lainnya.

"Sejauh ini, pengerjaan fisiknya sudah 70% dan diharapkan rampung pada akhir tahun sehingga Februari 2015 sudah bisa beroperasi," katanya di sela-sela Gebyar Kemilau Emas Pegadaian di Makassar, Minggu (2/11/2014).

Menurutnya, dalam pengoperasian hotel dilakukan oleh anak usaha perseroan, PT Pesona Property bekerjasama dengan salah satu operator hotel swasta.

Selain di Makassar, Pegadaian juga tengah membangun hotel dengan klasifikasi yang sama di Pekanbaru dan Surabaya.

Dengan ekspansi tersebut, kata Harianto, akan ikut mendorong nilai aset perseroan hingga 17% pada tahun depan. Sejauh ini, nilai aset PT Pegadaian sekitar Rp34 triliun.

Selain itu, langkah pengembangan bisnis perhotelan perseroan juga telah disiapkan untuk tahun depan melalui rencana pembangunan 6 jaringan hotel di Jogjakarta, Semarang, Kediri, Pekalongan dan Gresik dengan total investasi Rp300 miliar.

"Tetapi kedepannya bisnis hotel ini tentunya tidak akan menjadi core bussines kami, apalagi ini sifatnya hanya optimalisasi aset agar mampu memberikan kontribusi," paparnya.

Di sisi lain, Hariyanto menuturkan penyaluran pembiayaan atau outstanding loan (osl) secara nasional telah mencapai Rp27,3 triliun hingga kuartal III/2014.

Kinerja tersebut masih ditopang oleh bisnis inti pembiayaan gadai dengan persentase mencapai 95%.

Dalam kesempatan sama, Kepala Pegadaian Wilayah VI Makassar Nuril Islamiyah mengatakan realisasi osl untuk wilayah Sulsel, Sulbar, Sultra dan Maluku telah mencapai Rp3,2 triliun dalam 9 bulan tahun ini.

"Khusus di wilayah VI, jumlah nasabah pegadaian itu sebanyak 1,2 juta, di mana 800.000 diantaranya merupakan nasabah aktif yang memanfaatkan pembiayaan pegadaian atau osl itu tadi," katanya.

Tag : pegadaian
Editor : Sepudin Zuhri

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top