Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KETUA DPR 2014-2019, Fahri Hamzah: Popong Itu Orisinal

Wakil Ketua DPR terpilih Periode 2014-2019 Fahri Hamzah menyebut kepemimpinan politisi Golkar Popong Otje Djunjunan dalam Sidang Paripurna pemilihan pimpinan DPR, Rabu (1/10/2014) hingga Kamis dini hari, sangat orisinal.
Fahri Hamzah/Antara
Fahri Hamzah/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR terpilih Periode 2014-2019 Fahri Hamzah menyebut kepemimpinan politisi Golkar Popong Otje Djunjunan dalam Sidang Paripurna pemilihan pimpinan DPR, Rabu (1/10/2014) hingga Kamis dini hari, sangat orisinal.

"Gayanya itu 'genuine', gayanya orisinal. Karakter kepemimpinannya kami anggap luar biasa," kata Fahri Hamzah seusai melakukan sumpah janji jabatan pimpinan DPR di gedung parlemen, Kamis dini hari (2/10/2014).

Terkait adanya partai yang "walkout" lantaran menilai kepemimpinan Popong tidak demokratis, Fahri mengingatkan bahwa tokoh wanita dari Bandung itu menjadi pimpinan sementara dalam Sidang Paripurna pemilihan pimpinan DPR bukan atas keinginannya sendiri.

Fahri menekankan Popong didaulat menjadi pimpinan sementara karena usianya yang paling tua di antara anggota DPR yang lain. Sesuai ketentuan, pimpinan sementara di DPR adalah anggota yang usianya tertua dan termuda.

Popong sendiri mengaku tidak mempermasalahkan jika dituding tidak demokratis dalam memimpin sidang. Yang penting menurut dia, sidang berjalan sukses.

Dia juga menyebut partai berhak melakukan "walkout" dalam sidang, sebagai bentuk demokrasi yang sudah berjalan di Tanah Air.

Dalam Sidang Paripurna pemilihan pimpinan DPR, sejumlah partai berturut-turut PKB, Hanura, PDIP, dan Nasdem memutuskan "walkout" dari dalam ruang sidang paripurna. Hal itu lantaran mereka merasa merasa pimpinan sidang Popong Otje Djunjunan tidak demokratis, karena tidak mempersilahkan anggota untuk berbicara.

Dalam sidang itu berkali-kali anggota yang hadir melayangkan interupsi, namun Popong mengacuhkan dan terus saja melanjutkan sidang.

Di tengah "hujan" interupsi, Popong lalu minta masing-masing fraksi menyatakan paket pimpinan DPR yang diusulkan. Berdasarkan pantauan, Golkar, Gerindra, Demokrat, PAN, PKS, PPP kompak satu suara.

Seluruh partai itu mengusung politisi Partai Golkar Setya Novanto sebagai Ketua DPR, dengan empat Wakil Ketua DPR yakni politisi Gerindra Fadli Zon, politisi Demokrat Agus Hermanto, politisi PAN Taufik Kurniawan, dan politisi PKS Fahri Hamzah.

Dengan "walkout"-nya empat partai, dan hanya ada satu paket usulan pimpinan DPR, Popong lantas mengesahkan paket Pimpinan DPR tersebut tanpa kehadiran PDIP, PKB, Nasdem dan Hanura.

Paket itu pun disetujui seluruh partai yang tersisa di dalam ruang Sidang Paripurna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Sepudin Zuhri
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper