Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENGENDALIAN ZOONOSIS:Menko Kesra Minta Dukungan Kepala Daerah

Menko Kesra Agung Laksono minta kepada seluruh kepala daerah, gubernur dan bupati serta walikota, untuk mendukung program pengendalian zoonosis (penyakit bersumber hewan).
Menko Kesra Agung Laksono/JIBI
Menko Kesra Agung Laksono/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA -- Menko Kesra Agung Laksono minta kepada seluruh kepala daerah, gubernur dan bupati serta walikota, untuk mendukung program pengendalian zoonosis (penyakit bersumber hewan).

"Tugas pemerintah di seluruh negara di dunia adalah melindungi, menjaga keamanan, dan keselamatan warga dari ancaman berbagai penyakit yang timbul, termasuk dari zoonosis," kata Menko Kesra di sela-sela Rakornas Ketiga Komnas Pengendalian Zoonosis (KNPZ) di Jakarta, Rabu (1/10/2014).

Walau tingkat kejadian dan fatalitas zoonosis di Indonesia terus menurun, katanya, Namun kita semua tetap harus warpada terhadap ancama zoonosis," ungkap Agung yang juga Ketua KNPZ.

Menko Kesra mengatakan saat ini memang sudah ada beberapa provinsi yang sudah dinyatakan bebas dari brusellosis, yaitu virus yang dapat mengakibatkan keguguran pada hewan ternak.

"Namun, saya berharap provinsi lainnya juga bisa bebas dari penyakit ini. Dengan begitu bisa meningkatkan kesejahteraan peternak," ujarnya.

Emil Agustiono, Ketua Harian KNPZ, memberi contoh kasus flu burung H5N1 pada 2006, yang telah berdampak pada kerugian jiwa, ekonomi dan sosial, yang diperkirakan mencapai puluhan miliar rupiah.

"Waktu itu pemerintah memutuskan untuk melakukan pengendalian secara multisektor, dengan membentuk Komite Nasional Pengendalian Flu Burung (Avian Influenza), dan Kesiapsiagaan Menghadapi Pandemi Influenza (Komnas FBPI)," ungkap Emil.

Agung menambahkan melihat kesuksesan Komnas FBPI dalam mengendalikan penyebaran flu burung, katanya, maka pengendalian zoonosis berkonsep One Health, yaitu terpadunya kesehatan manusia, kesehatan hewan, kesehatan lingkungan, dan satwa liar secara terkoordinasi, dan lintas sektor, terbukti efektif.

Menurut Menko Kesra, semua perlu kerja lebih keras lagi dalam upaya mengendalikan zoonosis. Terutama dalam mengantisipasi, mendeteksi, dan merespon zoonosis, dan antisipasi Middle East Respiratory Syndrome-Corona Virus (MERS-CoV), dan Ebola yang telah banyak menelan korban jiwa.

Agung menjelaskan zoonosis adalah suatu penyakit atau infeksi yang secara alami ditularkan dari hewan ke manusia atau sebaliknya. Diantaranya flu burung, rabies, leptospirosis (penyakit akibat bakteri leptospira), dan antraks.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmayulis Saleh

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper