Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RAKERNAS PDIP: Megawati Akan Umumkan Perubahan Sikap Politik Partai

Sekretaris Jenderal DPP PDIP Tjahjo Kumolo menegaskan Rapat Kerja Nasional IV PDI Perjuangan di Semarang, mulai Jumat (19/9) hingga Minggu (21/9), akan mengukuhkan perubahan sikap politik partainya.
Megawati Soekarnoputri
Megawati Soekarnoputri

Bisnis.com, SEMARANG -- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang selama ini menempatkan dirinya sebagai partai oposisi akan segera berubah haluan.

Sekretaris Jenderal DPP PDIP Tjahjo Kumolo menegaskan Rapat Kerja Nasional IV PDI Perjuangan di Semarang, mulai Jumat (19/9) hingga Minggu (21/9), akan mengukuhkan perubahan sikap politik partainya yang mendukung pemerintahan mendatang.

"Oleh karena itu, Rakernas IV akan diawali dengan pernyataan resmi Ibu Megawati Soekarnoputri selaku ketua umum untuk menyatakan secara resmi perubahan sikap politik partai bahwa PDI Perjuangan sebagai partai pemerintah mendukung Presiden Terpilih Joko Widodo dan Wakil Presiden Terpilih Jusuf Kalla," kata Tjahjo di Semarang, Kamis (18/9/2014).

Sebelumnya, berdasarkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga PDI Perjuangan Pasal 24 tentang Ketua Umum, Ayat (1) berbunyi:"Dewan Pimpinan Pusat Partai dipimpin oleh satu orang ketua umum yang berwenang, bertugas, dan bertanggung jawab atas eksistensi, program, dan kinerja partai ke dalam dan keluar."

Kemudian, di dalam Pasal 24 Ayat (2), disebutkan bahwa ketua umum mempunyai hak prerogatif untuk mempertahankan: eksistensi partai, Pancasila, Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Lebih lanjut Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa Rakernas IV PDI Perjuangan yang akan berlangsung di Marina Convention Center Semarang, 19--21 September 2014, akan dihadiri sebanyak 1.595 kader partai sebagai peserta dan peninjau.

"Ibu Megawati Soekarnoputri, Pak Joko Widodo, dan Pak Jusuf Kalla juga akan menghadiri Rakernas IV PDI Perjuangan," kata Tjahjo yang juga anggota Komisi I DPR RI asal Daerah Pemilihan Jawa Tengah I (Kota/Kabupaten Semarang, Kota Salatiga, dan Kabupaten Semarang).

Menurut Tjahjo, Rakernas IV merupakan momentum politik yang sangat penting sekaligus merupakan momentum of the truth bagi partai untuk mempersiapkan diri menjadi partai pemerintah Republik Indonesia.

Titik tolaknya, kata Tjahjo, adalah kemenangan pemilihan umum (pemilu) anggota legislatif 2014 dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden RI 2014 bersama partai politik pendukung pasangan Jokowi-JK lainnya.

Ia menjelaskan bahwa Rakernas IV dengan tema Berjuang untuk Kesejahteraan Rakyat, dan subtemanya Mengisi Tahun Kemenangan dengan Jalan dengan Trisakti, akan fokus membahas bagaimana PDI Perjuangan mengisi kemenangan yang diraih pada dua pemilu itu demi mewujudkan kesejahteraan rakyat secara berkeadilan.

PDI Perjuangan, lanjut Tjahjo, mampu memainkan peran sebagai partai pelopor yang efektif dalam sistem pemerintahan presidensial-multipartai, dan berkeinginan mewujudkan ide dasar Kongres III PDI Perjuangan Bali bahwa mengelola partai identik dengan mengelola negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Saeno
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper